Tumbuhan di Indonesia

Indonesia terdapat sekitar 470 jenis tumbuhan. Sebesar 43% dari jumlah itu atau sekitar 202 jenis merupakan tanaman asli Indonesia. Persebaran flora atau hutan di Indonesia tidak sama, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor Geografis.

Berikut ini dijelaskan lebih lanjut pengaruh faktor fisik Geografis terhadap jenis dan persebaran flora di Indonesia :
  1. Pengaruh Iklim
Iklim berkaitan dengan curah hujan, semakin tinggi curah hujan maka tumbuhan semakin subur dan lebat. Sedangkan bila hujan terjadi secara periodik dan berkurang maka jenis tumbuhan yang terdapat pada daerah itu berupa sabana dan stepa. Sabana adalah padang rumput yang diselingi semak-semak, sedangkan stepa merupakan padang rumput yang luas. Contoh: sabana dan stepa di Indonesia ada di Sumatera dan Nusa Tenggara.
  1. Pengaruh Relief
Relief muka Bumi sangat heterogen, tersusun oleh dataran rendah, pegunungan, lembah, ngarai, padang pasir dsb. Perbedaan ketinggian permukaan Bumi mempengaruhi temperatur. Daerah dataran rendah temperaturnya lebih panas dibanding dengan daerah pegunungan. Ketinggian suatu permukaan Bumi berpengaruh pula terhadap jenis tumbuhan yang hidup disana.
c. Pengaruh Tanah
Secara fisik tanah mengandung beberapa unsur. Tanah yang mengandung unsur hara dan gembur, maka tanah itu semakin subur, jika tanah itu padat dan sedikit unsur hara yang dikandung maka tanah tidak subur. Hal ini berakibat pada jenis tanaman yang hidup di daerah tersebut.
d. Pengaruh Manusia
Dengan kemampuan yang dimiliki, manusia membudidayakan hutan dan tumbuhan dengan berbagai cara misalnya : dengan tanaman kultur (budaya) dan reboisasi dsb.
]]>