Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar Bumi dan bersifat merusak. Tenaga Eksogen terdiri atas pelapukan, erosi, pengangkutan, dan sedimentasi.

Pelapukan merupakan proses perusakan dan penghancuran masa batuan yang disebabkan oleh pengaruh cuaca, angin dan organisme. Berdasarkan proses terjadinya, pelapukan dibedakan menjadi tiga, yaitu pelapukan mekanik, kimiawi, dan organic.
2.) Erosi
Erosi atau pengikisan adalah proses terlepasnya partikel batuan secara alamiah oleh tenaga pengangkut yang ada di permukaan bumi, antara lain angin dan air. Erosi yang berlangsung secara alamiah dapat dikatakan tidak mengganggu keseimbangan lingkungan karena partikel-partikel tanah diendapkan seimbang dengan tanah yang terbentuk di tempat-tempat yang lebih rendah. Adapun erosi yang terjadi akibat kesalahan manusia dalam mengelola lahan dapat menimbulkan bencana. Misalnya penggundulan hutan dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor.
Mass Wasting atau tanah bergerak adalah perpindahan massa batuan atau tanah karena pengaruh gaya berat. Proses terjadinya mass wasting hampir sama dengan proses erosi, yaitu melalui tahapan pelepasan massa batuan atau tanah dari batuan induknya, pemindahan batuan yang terkikis, dan pengendapan.
Sedimentasi adalah pengendapan materi hasil erosi karena kecepatan tenaga media pengangkutnya berkurang (menjadi lambat). Karena media pengangkut materi berbeda-beda, sedimentasi juga menghasilkan bentukan alam yang berbeda pula.
]]>