Posisi Benua dan Samudra di Dunia

Benua dan Samudra saling tertata di permukaan bumi. Masing-masing Benua dan Samudra ini memiliki posisi secara geografis terhadap Benua dan Samudra lainya. Mari kita simak posisi masing-masing Benua dan Samudra yang ada di Bumi.

1. Posisi Benua Asia

Untuk memahami posisi kita memerlukan sebuah peta atau globe. Silahkan amati peta Benua Asia dan temukan berbagai kenampakan fisik, yang segera terlihat adalah batas-batas Benua Asia. Ternyata Benua Asia dikelilingi samudera-samudera luas di sebelah Utara, Timur dan Selatan . Sedangkan bagian Barat dibatasi oleh daratan Eropa, Laut Merah, Laut Tengah dan Terusan Suez.
Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Sebagian besar kawasan Benua Asia terletak di belahan bumi utara, sedangkan yang ada di belahan bumi selatan adalah beberapa pulau termasuk Negara Indonesia.
Benua Asia adalah benua terluas di dunia, yaitu 43.584.124 km2, merupakan seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Secara sosial ekonomi Benua Asia tergolong belum maju dengan indikasi kemampuan daya beli per kapita tahun 2001 sebesar $ 4.290 dibanding rata-rata dunia sebesar $ 7.160. Beberapa negara tergolong maju di Asia adalah : Jepang, Singapura, Korea Selatan dan Malaysia.
Benua Asia dihuni oleh 61% penduduk dunia yaitu 3,830 milyar jiwa (tahun 2003) dibanding 6,314 milyar jiwa, sehingga merupakan benua dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi (120 jiwa/km persegi). Bandingkan kepadatan penduduk dunia yaitu baru 47 jiwa/km persegi.

2. Posisi Benua Afrika

Secara astonomis Benua Afrika terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Demgan demikian Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa dan wilayah daratannya sebagian besar di belahan bumi utara. Selanjutnya lihat Peta Benua Afrika .
Benua Afrika dikelilingi oleh Samudera dan Laut serta Terusan. Luas benua Afrika 30.250.000 km2 merupakan benua terluas kedua setelah benua Asia. Benua Afrika luasnya tiga kali Benua Eropa atau seperlima dari luas seluruh daratan bumi.
Penduduk Benua Afrika yang berjumlah 861 juta (tahun 2003) merupakan 14% penduduk dunia, dengan kemampuan daya beli per kapita $2.120 jauh dibawah rata-rata dunia. Kepadatan penduduknya (29 jiwa/km2) nomer tiga sesudah Benua Asia (120 jiwa/km2) dan Benua Eropa (32 jiwa/km2).

3. Posisi Benua Eropa

Sebagian ahli berpendapat bahwa Benua Eropa adalah perpanjangan dari Benua Asia di bagian barat. Kenyataannya memang seperti sebuah semenanjung dari Benua yang disebut Eurasia. Secara astronomis Benua Eropa terletak antara 36º LU – 71º 30’ LU dan 11º BB – 66º BT. Luasnya 10.507.630 km2 merupakan benua terkecil kedua sebelum Benua Australia.
Batas-batas Benua Eropa di sebelah :
Utara : Laut Barent, Laut Norwegia
Timur : Benua Asia , Pegunungan Ural, Laut Kaspia
Selatan : Laut Hitam, Laut Tengah, Selat Gibraltar
Barat : Samudera Atlantik
Penduduk Eropa berjumlah 727 juta jiwa (2003) atau 11% dari seluruh penduduk dunia dengan tingkat pertumbuhan negatif yaitu – 0,2, artinya penduduk Eropa berkurang setiap tahun karena angka kematian lebih tinggi dari angka kelahiran. Angka kematian tinggi karena proporsi penduduk usia lanjut semakin besar, tahun 2003 jumlah penduduk usia lebih dari 65 tahun mencapai 15%, tertinggi di dunia.
Gejala kependudukan di Benua Eropa adalah semakin banyak migran dari Afrika dan Asia, pertumbuhannya negatif dan semakin banyak orang tinggal di perkotaan (73%). Penduduk Eropa tergolong maju dan kaya dengan daya beli melebihi rata-rata dunia , yaitu $ 16.270 dibanding $.7. 160 atau dua kali lipatnya bahkan lebih.

4. Posisi Benua Amerika

Luas benua Amerika 42.188. 568,5 Km, benua ini disebut dunia baru, karena merupakan daerah tujuan dari para migran dari Eropa. Nama Amerika berasal dari seorang penjelajah dunia yang berasal dari Italia , yaitu Amerigo Vespucci. Akan tetapi Columbus lah yang memperkenalkan Benua Amerika Bersama Columbus berangkat dari Lisabon tahun 1492 menyeberangi samudera Atlantik akhirnya sampai di Bahama benua Amerika.
Amerika merupakan benua yang paling pajang di dunia (15.300 Km), bila dibandingkan denga benua lainnya. Padabenua Amerika memb ujur deret pegunugan yaitu api muda yang aktif yaitu cirkum Pasific, mulai dari Alaska sampai pulau Tierra del Fuego di bagian selatan.
Benua ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu Amerika utara dan Amerika selatan, dengan Amerika tengah sebagai penghubungnnya. Antara Amerika Utara dengan Amerika Selatan dipisahkan oleh terusan Panama (dibuka tahun 1914). Secara budaya Amerika utara terkait dengan Inggris, sedangkan Amerika Tengah dan Selatan dengan budaya Latin (Spanyol dan Portugal). Maka Amerika Tengah dan Selatan sering disebut sebagai Amerika Latin.
a. Amerika Utara
Amerika Utara luasnya 19.348.760 km2 terdiri dari Tiga negara besar yaitu Amerika Serikat dengan luas 9.372.614 km2 , Kanada yang luasnya 9.976.146 km2 dan Meksiko dengan luas 972.549 km2. Secara keseluruhan terletak di belahan bumi utara. Secara astronomis letaknya antara 26º LU – 80º LU dan 68º BB – 162º BB.
Batas Amerika Utara adalah di sebelah :
Utara : Samudera Arktik,
Timur : Samudera Atlantik
Selatan : Amerika Tengah dan Teluk Meksiko dan
Barat : Samudera Pasifik, Laut Bering dan Selat Bering.
Posisi Amerika Utara, terutama posisi negara Amerika Serikat, terhadap dunia menjadi sangat penting setelah musuh ideologisnya Uni Sovyet bubar tahun 1991.
b. Amerika Selatan
Benua Amerika Selatan merupakan bagian dari wilayah Amerika Latin dan Kepulauan Karibia bersama dengan Amerika Tengah.. Letak astronomisnya antara 16º LU –56º LU dan 34º BB – 118º BB. Amerika Selatan adalah 17.867.308 km2 atau 13% dari luas seluruh dunia.
Batas-batas wilayah Benua Amerika Selatan disebelah :
Utara : Laut Karibia dan Samudera Atlantik
Timur : Samudera Atlantik
Selatan : Selat Drake, Samudera Atlantik
Barat : Samudera Pasifik.
Amerika Selatan dilewati oleh garis Khatulistiwa. Jumlah penduduk tahun 2003 sebanyak 359 juta atau 5,7 % penduduk dunia, kepadatan penduduknya 26 jiwa / km2 yang berarti lebih rendah dari rata-rata kepadatan penduduk dunia (47 jiwa/km2). Tingkat kemampuan daya beli $7.070 sedikit dibawah rata-rata dunia $ 7.160

5. Posisi Benua Australia

Australia adalah sebuah Negara dan sekaligus sebagai sebuah benua, yang merupakan benua terkecil dari kelima benua yang dihuni manusia. Luas benua Australia adalah 7.682.300 Km2 , yang berada di belahan bumi selatan. Sebelum “ditemukan” , para ahli Geografi Yunani kuno, memperkirakan bahwa terdapat benua yang berada di belahan bumi selatan yang disebut sebagai Terra Australis Incognito atau benua atau daerah selatan yang belum diketahui. Kemudian penjelajah bangsa-bangsa Eropa berlomba untuk menemukan benua ini. Beberapa para penjelajah yang menemukan bagian dari benua ini: Willem Jansz (Belanda, 1906), menemukan pantai utara 1906), Abel Tasman (Belanda, 1642), pulau Tasmania dan Selandia Baru , James Cook (Inggris, 1770), yang menemukan pantai timur Austalia yang subur. Bangsa-bangsa Austronesia, termasuk Indonesia, sebenarnya sudah menemukan benua ini,namun tidak penah ditulis. Secara etnic, ada kemiripan antara suku asli Australia (Aborigin) dengan penuduk pulau Papua (Indonesia). Para nelayan tradisional dari Nusa Tenggara Timur, seeperti orang Rote dan Sabu, mencari ikan sampai di pantai Australia utara.
Secara Astronomi, letak benua Australia pada 100 42’ LS – 430 39’ LS dan 1130 10’ BT – 1530 40’ BT. Batas-batas benua Australia, bagian utara: laut Timor dan laut Arafuru; bagian timur: laut Tasman dan laut Koral, samudera Pasifik; bagian selatan samudera Hindia dan bagian barat dengan samudera Hindia.
Secara sosial ekonomi,benua yang sekaligus merupakan Negara ini tergolong maju. Jumlah penduduk Australia tahun 2003, sebanyak 19,9 juta jiwa, dengan tingkat kepadatan, hanya 3 orang setiap Km 2. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin, yang merupakan 1,5 % dari penduduk Australia keseluruhan. Secara garis besar, pada benua ini terdapat 3 kenampakan alamiah yaitu: (1) Dataran tinggi sebelah barat, dataran rendah bagian tengah dan pegunungan di sebelah timur. Dataran Tinggi sebelah Barat terdiri dari plato dan gurun pasir. (2) Bagian tengah Austalia berupa dataran rendah- dataran rendah Arnhem di Utara , Nullarbor di Selatan, basin danau Eyre, basin Murray Darling dan basin Artesian Besar. (3) Pegunungan di sebelah Timur juga disebut Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range) terdiri dari Victorian Alps, Southern Tablelands, Central Tablelands, Plato New England dan Atherton Tablelands.

6. Posisi Benua Antartika

Kutub Selatan Bumi disebut Antartika karena posisinya berlawanan dengan kawasan Arktik(Kutub Utara). Para ahli Menyebut kawasan ini Sebagai benua karenaKutub Selatan memiliki Daratan sangat luas, yaitu seluas;13.209.000 km2.Secara astronomisWilayah Benua Antar-tika terletak antara-520 LS – 900 LS.
Sebagian besara permukaan benua ini tertutup oleh es dan salju, tebalnya rata-rata 2.440 meter. Karena sebagian besar permukaannya tertutup es dan salju, maka suhunya sangat dingin dan mencapai di bawah 100 C. Akibatnya tidak ada manusia yang tinggal di benua ini.

7. Posisi Samudera Hindia

Samudera Hindia mempunyai luas 73.426.500 km2, dengan kedalaman ratarata 3.811 meter , sedangkan titik terdalamnya 7.449 meter. Samudera Hindia dikelilingi oleh Benua Asia disebelah Utara, Benua Australia di sebelah Timur, wilayah Kutub Selatan di bagian Selatan dan dan Benua Afrika disebelah Barat Di sebelah Utara Samudera Hindia berbatasan dengan Laut Andaman, Laut Arab dan Laut Merah. Samudera Hindia menghubungkan negara-negara di Asia dengan negara-negara di Afrika, selain itu juga untuk mengalirkan minyak bumi dari pengekspor terbesar Saudi Arabia dan negara-negara teluk lainnya ke Jepang dan Korea Selatan sebagai konsumen terbesar. Samudera Hindia berfungsi sebagai penyedia uap air yang dibawa oleh angin barat ke arah Indonesia dan turun sebagai hujan, juga dibawa oleh angin timur ke arah Benua Afrika dan mendatangkan hujan di pantai timur Afrika

8. Posisi Samudera Pasifik

Samudera Pasifik adalah samudera terluas dari keempat samudera yang ada di dunia. Luas Samudera Pasifik kurang lebih adalah 165.760.000 km2, lebih luas dari seluruh negara-negara di dunia yang luasnya 134.136.100 km2. Jadi luas samudera Pasifik 1,24 kali luas daratan dunia. Samudra Pasifik membentang dari pantai Barat Benua Amerika Utara dan Amerika Latin hingga pantai Timur Benua Asia ( kepulauan Jepang, Pilipina, Maluku dan Papua ) dan pantai Timur Benua Australia. Samudera Pasifik mempunyai rata-rata kedalaman 4.282 meter.
Bagian-bagian yang terdalam dari dasar samudera berupa ceruk membentuk huruf V memanjang disebut palung. Hampir semua palung terdalam terletak di samudera Pasifik, mulai dari palung Izu pada posisi 30 LU dan 142 BT, dalamnya 11.232 m, sampai palung Jepang pada posisi 38 LU dan 144 BT, dalamnya 8.887 meter. Palung lainnya adalah palung Mariana, Tonga, Kermadec, Kurdil, Philipina, Yapan, New Britain dan palung Bonin. Samudera Pasifik berbatasan dengan Laut Bering dan Laut Okhots di bagian Utara, Laut Cina Timur , Laut Philipina, Laut Suawesi di bagian barat dan Laut Koral dan Laut Tasmania di bagian selatan .
Gugusan kepuluan-kepulauan Polynesia, Mikronesia dan Melanesia (kawasan ini disebut Oceania) terdiri dari ribuan pulau relatif kecil-kecil. Beberapa negara berdaulat seperti Vanuatu, Fiji, Kiribati, Samoa, Solomon, Nauru dan Tonga berada di kawasan Oceania.
Posisi Samudera Pasifik menjadi sangat penting bagi sektor ekonomi dan politik internasional. Kawasan-kawasan yang berbatasan dengan Samudera Pasifik merupakan negara-negara yang pertumbuhan ekonominya tergolong tinggi dan cepat perkembangannya. Oleh karena itu mereka membentuk forum kerjasama ekonomi negara-negara Pasifik yang disebut APEC (Association Pasific Economical Countries) yang beranggotakan Amerika Serikat, Meksiko, Venezuela, Argentina, Australia, Papua Nugini, Philipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Cina, Jepang dan Korea Selatan.

9. Posisi Samudera Atlantik

Samudera Atlantik membentang dari pantai barat Benua Eropa dan Benua Afrika hingga Pantai Timur Benua Amerika. Melalui samudera inilah bangsabangsa Eropa pada abad pertengahan melakukan ekspedisi menemukan Benua Amerika.Di bagian Utara Samudera Atlantik berbatasan dengan Laut Utara di Inggris, Laut Norwegia di Eslandia dan Laut Labrador dekat Pulau Hijau (Greenland).
Di basgian Barat berbatasan dengnn Laut Karibia di kawasan Karibia. Samudera Atlantik mempunyai luas 82.439.700 km2 atau kurang lebih separuhnya luas samudera Pasifik. Kedalaman rata-ratanya 3.350 meter dengan titik terdalam 8.385 meter. Posisi Samudera Atlantik penting bagi lalu lintas perairan dari pelabuhan-pelabuhan besar negara-negara Eropa menuju ke Benua Amerika ( terutama pantai Timur Amerika dan Kanada), ke negara–negara Afrika di pantai baratnya, dan menuju negara-negara Asia setelah melewati Tanjung Harapan di Afrika Selatan atau Terusan Suez di Mesir.

10. Posisi Samudera Arktik

Samudera Arktik terletak di sebelah utara Benua Amerika Utara, Benua Asia dan Benua Eropa. Merupakan Samudera tersempit dengan luas 14.089.600 km2, kedalamannya rata-rata 5.441 m. Batas dari arah Barat ke Timur berturut-turut Laut Greenland, Laut Norwegia, Laut Barents, Laut Kara, Laut Siberia Timur,
Laut Chukchu dan Laut Beaufort (sebelah Utara Negara bagian Alaska Amerika Serikat). Samudera Arktik suhu permukaannya relatif lebih rendah dibanding ssamudera-samudera yang lain, bahkan di bagian Utara terdapat bongkahbongkah es abadi.
Legawa, I Wayan , dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
]]>