POLA DAN CIRI KENAMPAKAN ALAM DARI HASIL PEMETAAN DAN INTERPRETASI CITRA

Peta geologi dan tanah

Pemeratan geologi meliputi identifikasi bentuk lahan,tipe batuan (lipatan,patahan dan retakan) dan pemggambaran unit geologi serta struktur geologi pada peta atau bentuk peragaan yang lain dalam hubungan sosial yang benar.foto udara dalam terapan geologi ter dapat daerah bayangan yang sering memperlihatkan adanya perbedaan relief dan pola tekstur halus yang tidak tampak pada foto udara yang sudut mataharinya besar.beberapa pola bayangan seperti ini dapat membantu identifikasi unit geologi.
Pemetaan tanah meliputi pengujian lapangan atas sejumlah besar profil tanah (penampang melintang) dam melakukan identifikasi unit tanah.
Tutupan lahan dan penggunaan lahan
Istilah penutup lahan berkaitan jenis kenampakan yang ada dipermukaan bumi.pengunaan lahan berkaitan dengan kegiatan manusia pada bidang lahan tertentu.Misal penggunaan lahan dapat dapat dikatakan sebagai lahan perkotaan dan lahan pemukiman.tergantung pada tingkat ketelitian pemetaan.penutup lahannya dapat berupa atap,rumput dan pepohonan.
Kehutanan
Interpretasi foto udara merupakan suatu cara yang layak untuk pemantauan kondisi hutan didunia.proses interpretasi foto udara untuk identifikasi spesies pohon digunakan dengan melihat tajuk pohon.didalam identifikasi spesies pohon, penafsir mnggunakan karakteristik foto seperti; bentuk, ukuran, pola, bayangan, rona, dan tekstur. Setiap spesies pohon mempunyai bentuk dan ukuran tajuk tertentu.
clip_image002
Deteksi pencemaran air
Analisis kenampakan bawah air daapt dimungkinkan dengan menggunakan filn yang minimalnya peka terhadap 0,48μm hingga 0,6μm.Menunjukkan penetrasi sinar matahari pada panjang gelombang yang berbeda terdalam laut yang berair jernih.material yang membentuk lapisan diatas permukaan air seperti lpaisan berminyak dapat dideteksi melalui foto udara.lapisan minyak yang tebal memiliki warna coklat atau hitam yng jelas.lapisan minyak yang tipis memiliki karakteristik warna keperakan dan warna pelangi.
clip_image004
Evaluasi medan
Pola aliran dan tekstur yang terlihat pada foto udara merupakan indikator bagi bentuk lahan,jenis batuan induk dan juga mencerminkan karakteristik tanah.Misalnya,pola aliran sungai,pola aliran dengan tekstur kasar berkembang dan batuan yang memiliki sedikit aliran permukaan.pola aliran berteksrur halus bekembang pada tanah dan batuan yang memiliki aliran permukaan tinggi serta berkembang pada batuan yang mudah tererosi.
clip_image006
f. Identifikasi foto udara untuk dataran banjir
clip_image008
Identifikasi foto udara untuk dataran banjir yaitu sebagai berikut:
1. topografi;umumnya datar dengan gradien kecil kearah hilir sungai tanggul alam sedikit lebih tinggi.
2. rona foto;gosong pasir berona cerah,sedangkan tanggul alam berona lebih cerah daripada endapan rawa.
3. vegetasi dan penggunaan lahan;digunakan untuk pertanian terutama daerah endapan rawa.
g. identifikasi foto udara untuk kipas alluvial
Identifikasi untuk kipas alluvial yaitu sebagai berikut;
4. topografi; berbentuk kipas,dengan lereng 2%sampai 15% dari puncak.
5. rona foto; cerah dan alur anak sungai berwarna gelap.
6. vegetasi dan penggunaan lahan; kurang bervegetasi disepanjang alur anak sungai.
h. Pemetaan lahan
Inderaja dapat dimanfaatkan untuk pemetaan penggunaan lahan,yaitu denga cara melakukan penampalan foto udara dalam bentuk mozaik.interpretasi foto udara dilakukan dengan dukungan berbagai sumber,diantaranya peta dan dokumen yang berhubungan dengan wilayah yang akan dipetakan.
clip_image010
a. Identifikasi delta melalui foto udara.
Identifikasi delta untuk delta adalah sebagai berikut:
a Topografi :terdapat pada permukaan datar dan dibatasi oleh lahan tinggi serta air
b Rona foto :delta kerucut cenderung berona cerah
c Vegetasi dan penggunaan lahan:beberapa delta digunakan untuk pertanian secara ekstensif,lainnya tetap sebagai rawa.
]]>