POLA DAN CIRI KENAMPAKAN ALAM DARI HASIL INTERPRETASI CITRA

Pola persebaran penduduk.

Pola distribusi penduduk dapat memberikan petunjuk tentang keadaan relief suatu daerah, keadaan transportasi, dan data tata air suatu tempat, dengan, penjelasan sebagai berikut :
1. Pola sebaran scattered atau tersebar merata menunjukkan relief daerah tersebut datar, tanah subur, transportasi mudah.
2. Pola sebaran dot atau sporadis menunjukkan bahwa daerah itu merupakan daerah yang sulit, tidak ada air bersih, transportasi belum ada, daerah kapur, dan relief kasar.
3. Pola sebaran penduduk elongated atau memanjang menunjukan daerah itu daerah yang dilalui jalur transpotasi atau daerah aliran sungai sehingga merupakan daerah yang subur, dengan tingkat kemakmuran yang cukup baik.
4. Pola penduduk yang radial atau menjari menunjukkan bahwa daerah ini daerah bebasa vulkan atau etidak tidaknya dari pegunungan sehingga sifat litologinya dapat menguntungkan bagi usaha-usaha pertanian di daerah itu.
5. Pola penyebaran penduduk yang menunjukkan ketidak teraturan seperti jala penangkap ikan, menunukkan daerah tersebut bekas delta sungai besar sehingga merupakan daerah pertanian yang angat subur.
6. Penduduk secara alami selalu hidup dekat air karena merupakan sumber kehidupan, dapat ditafsirkan bahwa pada pemusatan- pemusatan enduduk pasti ada air. Pada kaki escarpment ( patahan ) banyak terdapat mata air.
7. Daerah-daerah yang tergambar dengan pemusatan-pemusatan penduduk selalu dapat ditafsirkan bahwa daerah semacam itu adal daerah yang : persediaan air cukup, relief tidak menyulitkan, transportasi mudah, dan tanahnya subur.
]]>