Bagaimana Hubungan Antara Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945?

Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia menyatakaan kemerdekaannya. Proklamasi itu hendaknya bukan hanya dipandang sebagai pernyataan kemerdekaan semata. Proklamasi harus disikapi sebagai tindakan-tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan proklamasi itu. Dengan proklamasi kita hendak membangu masyarakat yang adil dan makmur.

Dalam artikel ini kalian akan diajak untuk mempelajari bagaimana hubungan antara proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945. Setelah mempelajari bagian ini diharapkan kalian akan dapat memahami hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945.

Hubungan Antara Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945


Penetapan UUD Negara Indonesia Tahun 1945

Sehari setelah Proklamasi keesokan harinya pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengadakan sidangnya yang pertama. Sidang dihadiri 27 orang dan menghasilkan keputusan sebagai berikut:

a. Mengesahkan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

  • Setelah melakukan beberapa perubahan pada Piagam Jakarta yang kemudian dijadikan Pembukaan UUD 1945.
  • Menetapkan Rancangan Hukum Dasar yang telah diterima dari BPUKI pada tanggal 17 Juli 1945, setelah mengalami berbagai perubahan karena berkaitan dengan perubahan Piagam Jakarta, kemudian berfungsi sebagai Undang-Undang Dasar 1945.

b. Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden.

c. Menetapkan berdirinya Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai badan musyawarah darurat.

Pembukaan UUD 1945 sebagai Pernyataan Kemerdekaan yang Terinci

Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 telah menyatakan kemerdekaan dalam suatu Naskah Proklamasi yang dibacakan Ir. Soekarno atas nama bangsa Indonesia. Proklamasi hendaknya jangan hanya dilihat sebagai pernyataan saja bahwa Indonesia telah merdeka, bebas menentukan nasibnya sendiri dan memiliki kedaulatan sendiri.

Namun, Proklamasi hendaknya diberi makna sebagai:

  • suatu pernyataan tentang kemerdekaan bangsa Indonesia, dan
  • tindakan-tindakan yang harus segera dilaksanakan berkaitan dengan proklamasi tersebut.
Baca Juga :   Mengemukakan Pendapat secara Benar dan Bertanggung jawab

Tindakan-tindakan dimaksud adalah bahwa mulai detik Proklamasi tersebut bangsa Indonesia menyusun negara yang merdeka untuk mewujudkan cita-cita bersama, yaitu masyarakat yang adil dan makmur baik materiil maupun spiritual. Dalam Pembukaan UUD 1945 terdapat pernyataan kemerdekaan (Alinea Ketiga) dan bagaimana selanjutnya bangsa Indonesia setelah merdeka yang ditegaskan dalam tujuan negara (Alinea Keempat).

Penegasan tentang tujuan negara diawali kalimat “….kemudian daripada itu …”, yang berarti setelah berdirinya Negara RI maka dibentuklah suatu pemerintahan negara yang akan bekerja untuk:

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
Hubungan Antara Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945

• Ikut serta dalam perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Maka dapatlah disimpulkan bahwa dengan Pembukaan UUD 1945, Proklamasi mendapatkan makna yang selengkapnya. Baik pernyataan maupun tindakan-tindakan yang harus direalisasikan berkaitan dengan Proklamasi tersebut dirinci secara lengkap dalam Pembukaan UUD 1945.

Hubungan Antara Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here