PERUBAHAN ANTROPOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI

Antroposfer berasal dari kata latin anthropos yang berarti manusia dan sphaira yang berarti lingkungan. Jadi antroposfer artinya lingkungan bagian dari bumi atau biosfer yang dihuni manusia.

A. Jumlah Penduduk Dunia
Sebelum abad 18, pertumbuhan penduduk dunia sangat lambat. Namun tercatat dari tahun 1750 sampai awal 1900-an, pertumbuhan penduduk lebih cepat. Tingkat pertumbuhan penduduk semakin besar. Pertumbuhan penduduk dunia yang terjadi secara cepat dan tiba-tiba disebut dengan ledakan penduduk.
clip_image003
Gambar itu menunjukkan laju pertumbuhan penduduk dunia. Dapat dilihat bahwa ledakan penduduk terjadi pada sekitar tahun 1900-an. Situasi ini berubah seiring dengan berkembangnya teknologi bidang kesehatan dan pangan pada era 1900-an. Hal itu membawa dampak pada menurunnya angka kematian.
1. Dampak Peledakan Penduduk
Pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat akan menimbulkan berbagai masalah. Masalah yang ditimbulkan antara lain.
a. Persaingan lapangan pekerjaan
Negara yang memiliki pertubuhan penduduk tinggi akan semakin banyak orang yang memperebutkan lapangan pekerjaan. Diperkirakan harus diciptakan 30 juta lapangan pekerjaan baru setiap tahun.
b. Persaingan untuk mendapat pemukiman
Persaingan terutama terjadi di daerah perkotaan yang padat, tetapi tidak ada perumahan yang memadai. Di kota sering kita jumpai pemukiman kumuh.
c. Kesempatan Pendidikan
Negara miskin, mungkin tidak bisa memenuhi fasilitas pendidikan. Sebagai hasilnya, tidak setiap anak memiliki kesempatan untuk bersekolah dan mendapat pendidikan yang memadai.
2. Pengendalian peledakan penduduk
Peledakan penduduk bisa menimbulkan berbagai dampak, maka hampir tiap negara memikirkan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk. Kebijakan mengenai hal itu diantaranya:
a. Insentif dan sanksi
Insentif diberikan pada pasangan dengan sedikit anak, sementara pasangan yang memiliki banyak anak akan diberi sanksi. Misal membayar pajak lebih besar.
Cina merupakan salah satu contoh negara yang menerapkan metode insentif dan sanksi. Tercatat hasil sensus tahun 2000, jumlah penduduk Cina 1,3 miliyar kurang lebih 22% dari total penduduk dunia. Setiap pasangan di Cina hanya diperbolehkan memiliki satu anak. Jika pasangan memiliki lebih dari satu anak, tanpa ijin dari pemerintah dianggap ilegal.
b. Pendidikan tentang keluarga berencana
Pertubuhan penduduk juga dilakukan dengan kampanye program keluarga berencana. Program ini mengajarkan kepada pasangan suami istri untuk memiliki hanya dua anak saja.
]]>