Persebaran Penduduk di Indonesia

A. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Penduduk

1) Faktor Lingkungan
Yang termasuk faktor lingkungan adalah sebagai berikut:
  • faktor alam, meliputi iklim, relief, kesuburan tanah, dan persediaan air
  • lingkungan budaya, meliputi pendidikan, kesempatan kerja, pengangkutan, dan perhubungan.
2) Faktor Potensi Ekonomi
Faktor potensi ekonomi, yaitu kemampuan suatu wilayah untuk menyediakan sumber penghidupan bagi penduduk dan tersedianya sumber daya di wilayah itu.
3) Faktor Demografi
Faktor ini meliputi kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk.
4) Faktor Politik
Dengan adanya pemberontakan dan peperangan maka banyak penduduk yang pindah, sehingga akan mempengaruhi persoalan penduduk.
B. Persebaran Penduduk Berdasarkan Pulau
Berdasarkan hasil sensus tahun 2000, tingkat kepadatan penduduk Pulau Jawa mencapai 951 jiwa/km2 dan tahun 2002 mencapai 975 jiwa/km2. Tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Pulau Jawa pada tahun 2002 adalah Provinsi DKI Jakarta, yaitu 12.623 orang per km2. Di luar Pulau Jawa yang tergolong tinggi tingkat kepadatan penduduknya pada tahun 2002 adalah Bali, yaitu sebesar 573 orang per km2. Sementara itu, Provinsi Papua yang luasnya hamper 20% dari luas seluruh wilayah Indonesia, pada tahun 2002 tingkat kepadatan penduduknya hanya 6 orang per km2.
C. Persebaran Penduduk Berdasarkan Provinsi
Provinsi-provinsi di Pulau Jawa dan Bali merupakan tempat persebaran penduduk yang besar karena mempunyai daya tarik. Misalnya, tempat tersedianya sarana pendidikan, pengembangan budaya, dan teknologi.
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>