Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Permukaan bumi yang menjadi tempat hidup berbagai flora dan fauna disebut biosfer. Biosfer berasal dari bahasa Yunani bios yang berarti hidup dan spera yang berarti lingkungan. Biosfer dapat diartikan sebagai suatu lingkungan hidup di muka bumi yang dapat dihuni oleh organisme yang meliputi litosfer,hidrosfer dan atmosfer.


Biosfer mencakup lingkungan abiotik dan lingkungan biotik. Lingkungan abiotik berarti lingkungan yang terdiri atas benda-benda tak hidup. Misalnya, batu-batu mineral, pantai, sungai, teluk, angin, dsb.
  1. Kehidupan di Darat
Biosfer terbagi menjadi beberapa bioma. Bioma adaliah komunitas tumbuhan dan hewan yang meliputisatu daerah geografis yang luas. Hamparan bioma meliputi ; tundra, hutan conifer atau taiga, hutan rontok daun, padang rumput, savana, gurun, semak belukar, dan hutan hujan tropis.
Enam bioma yang ada di muka bumi beserta jenis dan cirri flora dan faunanya
  1. Flora dan Fauna Padang Rumput
Umumnya daerah padang rumput berada di belahan bumi yang beriklim tropic hingga subtropik. Ciri utama bioma ini adalah curah hujan yang tidak teratur dan tidak cukup tinggi berkisar antara 250 mm sampai 500 mm pertahun. Keadaan seperti ini cocok ditumbuhi rerumputan.
Dengan tumbuhan utama berupa rerumputan maka banyak spesies hewan yang hidup di bioma ini. Meliputi berbagai jenis pemakan rumput seperti zebra di Afrika, kanguru di Australia, dan bison di Amerika. Ada pula berbagi jenis ular.
  1. Flora dan Fauna Gurun
Bioma gurun terdapat di daerah beriklim tropic. Cirinya yaitu curah hujan yang rendah kurang dari 250 mm per tahun dan tak teratur. Sinar matahari terik membuat penguapa yang terjadi sangat besar. Pada musim panas, suhu di daerah gurun dapat mencapai suhu 40 C pada siang hari. Pada malam hari suhu sangat dingin.
Tumbuhan yang hidup di gurun berukuran kecil, tidak berdaun, bentuknya seperti duri dan akarnya panjang. Tumbuhan gurun juga dilengkapi jaringan seperti busa yang dapat menyimpan air. Tumbuhan ini menyesuaikan diri dengan kemampuan tumbuh , berbunga, berbuah dan menghasilkan biji dalam waktu singkat.
Hewan gurun umumnya berukuran kecil, hidup dalam lubang, dan sepanjang siang yang terik, mereka bersembunyi di dalam lubangnya. Jenis hewan antara lain ular, rodentia, dan kadal gurun.
  1. Flora dan Fauna Tundra
Bioma tundra hantya terdapat di belahan bumi utara. Pada saat musim dingin keadaan gelap selama beberapa bulan, pada musim panas keadaan terang terus menerus. Hal ini karena matahari hanya mencapai 23,5 LU dan 23,5 LS.
Flora utamanya adalah lumut, terutama sphagnum dan lichenes atau lumut kerak, tumbuhan semusim yang ada warna bunganya menyolok dan masa pertumbuhanya pendek. Jenis fauna yaitu berbagai burung dan mamalia berbulu tebal. Hewan herbivore di daerah tundra seperti muskox, dan reindeer hidup dengan memakan lumut yang tumbuh disana.
  1. Flora dan Fauna Hutan Hujan Tropis
Bioma ini berada di daerah beriklim tropis dan subtropics yang tersebar di Indonesia, Australia Utara, Afrika Tengah dan Amerika Tengah. Keadaan alamnya ditandai dengan curah hujan tinggi dn sinar matahari berlimpah sepanjang tahun.
Ketinggian pohon dapat mencapai 20 sampai 40 meter. Dahan dan ranting pepohonan membentuk tundung sehingga permukaan tanah di bawahnya gelap. Biasanya tumbuhan yang hidup merambat di pepohonan seperti rotan disebut jenis liana sedang yang tumbuhnya menempel disebut epifit. Jenis hewan yang dijumpai adalah babi hutan, kera, berbagai macam burung, dan ular pohon.

  1. Flora dan Fauna Hutan Gugur Daun
Bioma ini terletak didaerah beriklim sedang dengan cirri-ciri kondisis alam yang ditandai dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun mencapai 750 sampai 1000 mm pertahun. Di bioma ini ada empat musim yaitu semi, panas, gugur, dan dingin. Jenis hewan yang ada seperti beruang, rusa, rubah, dan burung pelatuk.
  1. Flora dan Fauna Taiga
Terletak di belahan bumi utara meliputi Siberia Utara, Rusia dan Kanada. Tumbuhan berdaun seperti jarum (pohon konifer), terdiri atas cemara, alrus, birch dan juniper. Hewan yang hidup adalah rusa, beruang hutan, dan marten.

  1. Kehidupan Di laut
Organisme yang hidup di dasar laut disebut bentos. Bento berupa tumbuhan misalnya lumut laut, bentos berupa hewan meliputi remis, tiram, bintang laut, kepiting, dan cacing laut. Tiram dan remis hidup dengan menempel pada batu-batuan. Bintang laut dan kepiting hidup didasar laut. Klam dan cacing laut hidup dengan menggali lubang di dalam pasir atau Lumpur laut.
]]>

Baca Juga :   Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here