Persebaran Fauna di Indonesia

Pola persebaran fauna Indonesia tidak jauh berbeda dengan pola persebaran tumbuhan, yaitu terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu bagian barat, tengah, dan timur Sebagian besar corak fauna bagian barat sama dengan corak fauna oriental, sedangkan bagian Timur (Maluku dan Papua) sama dengan corak fauna Australia. Jenis fauna Indonesia bagian tengah sering disebut sebagai fauna khas Indonesia (fauna Kepulauan Wallacea).

A. Wilayah Fauna Indonesia Barat
Wilayah fauna Indonesia bagian barat meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Region fauna ini sering disebut wilayah fauna Tanah Sunda. Fauna wilayah Indonesia bagian barat antara lain sebagai berikut.
  1. Mamalia, terdiri atas gajah, badak bercula satu, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, macan, tikus, bajing, kijang, kelelawar, landak, babi hutan, kancil, dan kukang.
  2. Reptil, terdiri atas buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, biawak, dan bunglon.
  3. Burung, terdiri atas burung hantu, elang, jalak, merak, kutilang, serta berbagai macam unggas.
  4. Berbagai macam serangga.
  5. Berbagai macam ikan air tawar dan pesut (lumba-lumba Sungai Mahakam).
b. Wilayah Fauna Indonesia Tengah
Wilayah ini disebut fauna Kepulauan Wallacea. Region ini terdiri atas Pulau Sulawesi dan kepulauan di sekitarnya. Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku. Di kawasan ini terdapat hewan khas yang hanya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu anoa, babi rusa, dan biawak komodo.
Fauna Kepulauan Wallacea, antara lain sebagai berikut.
  1. Mamalia, terdiri atas anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, tarsius, monyet seba, kuda, dan sapi.
  2. Reptil, terdiri atas biawak, komodo, kura-kura, buaya, ular, dan soa soa.
  3. Amfibi, terdiri atas katak pohon, katak terbang, dan katak air.
  4. Burung, terdiri atas burung dewata, maleo, mandar, raja udang, burung pemakan lebah, rangkong, kakatua, nuri, merpati, dan angsa.
c. Wilayah Fauna Indonesia Timur
Wilayah fauna Indonesia Timur atau fauna Tanah Sahul meliputi Papua dan pulau-pulau di sekitarnya. Jenis-jenis hewan yang terdapat di wilayah tanah sahul antara lain sebagai berikut.
  1. Mamalia, terdiri atas kanguru, wallaby, nokdiak (landak Irian), opposum layang (pemanjat berkantung), kuskus (kanguru pohon), dan kelelawar.
  2. Reptil, terdiri atas buaya, biawak, ular, kadal, dan kura-kura.
  3. Amfibi, terdiri atas katak pohon, katak terbang, dan katak air.
  4. Burung, terdiri atas nuri, raja udang, cendrawasih, kasuari, dan namundur.
  5. Berbagai jenis ikan.
  6. Berbagai macam serangga (insecta).
Adanya keanekaragaman jenis fauna di Indonesia menjadi kekayaan alam yang harus dilindungi dan dilestarikan keberadaaanya. Terkadang ulah tangan manusia dalam memburu fauna Indonesia menimbulkan kepunahan bagi satwa tersebut. Diperlukan perlindungan dari pihak yang terkait dalam mewujudkan upaya konservasi dan perlindungan bagi jenis satwa khas Indonesia.
Adanya upaya konservasi dan perlindung an terhadap jenis flora dan fauna yang langka pada umumnya dilakukan kawasan konservasi. Kawasan tersebut dapat berupa cagar alam, suaka margasatwa, hutan lindung, Taman Hutan Raya, Hutan Lindung, dan Taman Nasional. Bentuk perlindungan tersebut dapat menjadi upaya bagi penangkaran dan pelestarian flora dan fauna Indonesia. Kekayaan flora dan fauna menjadi potensi wilayah pada masa yang akan datang.
sumber :
Utoyo, Bambang. 2009. Geografi 2 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta. PT. Setia Puurna Inves
]]>