Perekonomian Negara Brazil

 

Perekonomian Negara Brazil – Saat ini Brasil sedang berupaya mengubah arah pembangunan negaranya dari negara pertanian menuju negara industri. Namun, pertanian masih menjadi tulang punggung perekonomian negara. Kayu Brasil, gula, kakao, karet, kapas, kopi dan tembakau merupakan hasil utama pertanian dan menjadi komoditas ekspor. Daerah lembah Amazon merupakan penghasil 9/10 karet dunia, sedangkan Sao Paulo dan tempat sekitarnya menghasilkan ¾ kopi dunia. Kapas merupakan tanaman utama di bab timur maritim dan tengah dan Bahia penghasil utama tembakau. Sebelum berorintasi pada sector industri, lebih dari separuh penduduk Brasil bekerja sebagai petani dan peternak.
Secara lebih rinci sebaran acara sektor-sektor perekonomian tersebut sebagai berikut ini.

a) Pertanian, Kehutanan, dan Peternakan

Sebagian besar penduduk Brasil hidup dari pertanian dan perkebunan. Brasil populer sebagai negara penghasil kopi utama dunia. Sesuai iklimnya kakao atau materi cokelat diusahakan secara luas di dataran pantai sebelah selatan Salvador. Hasil pertanian lainnya ialah kelapa, tembakau, gula, padi dan jagung. Di tempat utara diusahakan perkebunan karet yang sangat luas.
Perkebunan berpusat pada tempat sebagai berikut.
(1) Pernambuco dan Recife (kapas).
(2) Sao Prancisco (tembakau dan cokelat).
(3) Victoria (cokelat).
(4) Santos dan Sao Paulo (kopi).
Hutan di pedalaman Brasil masih sangat lebat. Hasil kayu dari hutan Amazon merupakan materi ekspor. Pelabuhan Bolem di merupakan tempat melaksanakan ekspor hasil hutan. Dalam perjuangan peternakan Brasil cukup maju dan merupakan salah satu negara dengan produk ternak terbesar di dunia. Jenis binatang ternak yang diusahakan antara lain lembu, kambing, kuda dan unggas. Peternakan sapi dipusatkan di Dataran Tinggi Brasil yaitu di tempat Cuyuba.
 Saat ini Brasil sedang berupaya mengubah arah pembangunan negaranya dari negara pertanian Perekonomian Negara Brazil

b) Pertambangan dan Industri

Sumber mineral Brasil yang terbesar ialah besi, kristal kuarsa, mangan, titanium, bijih krom, bauksit serta banyak sekali kerikil mulia. Di sekitar Belo Horizonte banyak dijumpai lapisan bijih besi. Mineral tersebut diangkut ke Rio de Janeiro. Di bersahabat kota ini didirikan pabrik peleburan bijih besi dan pabrik baja dengan dukungan modal dari AS. Hal yang menghambat perkembangan industri ini ialah kurangnya kerikil bara.
Industri terbesar Brasil ialah pengolahan baja, pemintalan kapas, dan pengolahan materi makanan. Sao Paulo dan Rio de Janeiro merupakan sentra industri Brasil. Daerah sentra pertambangan lainnya terdapat di sebelah utara lembah Amazon yaitu di Amapa. Sumber mineral yang diusahakan disini ialah Mangan. Perindustrian yang dikembangkan ialah minyak bumi, besi baja, mobil, kulit, materi kimia, perkapalan, materi makanan, tekstil, dan mesin-mesin.
 Saat ini Brasil sedang berupaya mengubah arah pembangunan negaranya dari negara pertanian Perekonomian Negara Brazil
]]>

Baca Juga :   3 Tata Geografi dari Unsur Fisik, Topologi dan Biotik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here