PERBEDAAN PETA DAN CITRA PENGINDERAAN JAUH

Banyak modul-modul pencerminan muka bumi yang mirip sekali dengan peta yang dihasilkan dari perekaman jarak jauh yang dikenal dengan citra penginderaan jauh.meskipun citra penginderaan jauh mirip dengan peta,namun pada dasarnya ada beberapa perbedaan penting,secara garis besar perbedaan tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Tabel 1.5perbedaan peta dan citra penginderaan jauh
peta Citra penginderaan jauh
a.penyajian peta yang selektif
· Kenampakan penting yang dipilih akan ditonjolkan secara jelas,sesuai dengan tujuan pemetaaannya
· Informasi yang diperlukan telah disadap oleh pembuat peta
· Pengguna peta harus memiliki ketrampilan dalam membaca
a.penyajian citra pengideraan jauh tidak selektif.
Apa saja yang dapat direkam oleh sensorakan terlihat atau tampak,ketidakselektifan ini membawa beberapa konsekuensi antara lain:
· Kenampakan-kenampakan penting sulit diliha.mungkin menonjol pda penampakan yang tidak diperlukan bagi suatu penelitian
· Pengguna harus mempunyai ketrampilan dalam hal menyadap informasi yang diperlukan
b. peta merupakan hasil dari proses generalisasi.proses ini merupakan hal yang fundamental dalam kartografi. b. citra penginderaan jauh merupakan gambar yang tidak tergenaralisasi.
c. peta secara planimerik mempunyai ketelitian tinggi,karena sifat proyeksinya yang ortogonal;artinya skala diberbagai bagian pada peta tetap sama,terutama pada skala besar.sistem proyeksi peta yang digunakan meempunyai karakteristik yang sudah diketahui,terutama kesalahan (distorsi) skalanya dan faktor kesalahan bentuk. c. citra penginderaan jauh,mengandung ketidaktelitian dalam hal ukuran planimetriknya,terutama foto udara yang mempunyai proyeksi sentral.walaupun hal ini tidak mengganggu interpretasi,namun dalam hal memplotkan hasil interpretasi pada peta akan mengalami kesulitan.hal ini karena skala diberbagai bagian tidak sama.
d. meskipun telah dilakukan pengelompokan data atau penggunaan simbol tertentu yang dapat membedakan obyek yang satu dengan obyek yang lain.Masing-masing obyek masih dapat dibedakan warnanya sesuai dengan keinginan pembuat peta. d. warna (tone) dikandung dalam citra penginderaan jauh tergantung pada jenis spektral dan keadaan masing-masing obyek.adakalanya refleksi rumah dan jalan yang ditangkap sensor menghasilkan rona yang sam,walaupun dapat dibedakan bentuknya,untuk itu perlu dilakukan pengujian kebenaran interpretasinya.
]]>