Pengertian Sumber Daya Alam dan Jenisnya

Sumber daya alam (natural resources) adalah semua kekayaan alam yang terdapat di alam berupa makhluk hidup maupun benda mati yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pemanfaatan sumber daya alam ada yang langsung seperti air, panas matahari, udara, dan ada pula yang harus diolah lebih dulu. Bahan makanan, misalnya jagung, padi, gandum, sayur-mayur harus diolah lebih dulu.

Sumber daya alam dapat diklasifikasikan berdasarkan 4 kriteria sebagai berikut.
1. Berdasarkan Wujudnya
Penggolongan sumber daya alam berdasarkan wujudnya, meliputi sebagai berikut.
  • Sumber daya alam padat, yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa benda padat, misalnya besi, emas, nikel (logam), dan batu bara.
  • Sumber daya cair, yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa benda cair, misalnya air dan minyak bumi.
  • Sumber daya gas, yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa gas, misalnya geothermal (panas bumi), LPG (Liquefied Petroleum Gas), dan LNG (Liquefied Natural Gas).
2. Berdasarkan Proses Terbentuknya
Penggolongan sumber daya alam berdasarkan proses terbentuknya, meliputi sebagai berikut.
a. Sumber daya alam fisik (abiotik), yaitu sumber daya alam yang terjadi oleh proses alam atau kekuatan alam. Sumber daya alam fisik atau abiotik ini dibagi sebagai berikut:
  • 1) sumber daya alam mineral logam, misalnya bijih besi, emas, perak, tembaga, kuningan, dan nikel;
  • 2) sumber daya alam mineral nonlogam, misalnya aspal, belerang, marmer, dan pasir kuarsa;
  • 3) sumber daya alam energi, misalnya gas alam, minyak bumi, batu bara, dan panas bumi (geothermal).
b. Sumber daya alam biotik, yaitu sumber daya alam yang terjadi dari makhluk hidup, misalnya flora dan fauna dalam bentuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan.
c. Sumber daya lingkungan alam, yaitu sumber daya alam yang terjadi karena proses alam dan kehidupan makhluk hidup, misalnya keindahan alam, pantai, dan pegunungan.
3. Berdasarkan Nilai Ekonominya atau Kegunaannya
Penggolongan sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomi atau kegunaannya meliputi sebagai berikut.
  • Sumber daya alam ekonomis, yaitu sumber daya alam yang mempunyai nilai ekonomis, sangat berharga, menghasilkan keuntungan dan untuk mendapatkannya memerlukan biaya yang cukup besar, misalnya, emas, perak, timah, minyak bumi, dan batu bara.
  • Sumber daya alam nonekonomis, yaitu sumber daya alam yang didapatkan dengan biaya yang relatif kecil, misalnya air bersih, udara, dan sinar matahari.
4. Berdasarkan Sifat Keberadaannya atau Pengolahannya
Penggolongan sumber daya alam berdasarkan sifat keberadaannya, meliputi sebagai berikut.
  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang apabila sudah digunakan dapat diusahakan kembali seperti semula, baik proses alamiah maupun oleh usaha manusia, misalnya flora, fauna, air, dan tanah.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang habis setelah digunakan dan tidak dapat terbentuk lagi dalam jangka waktu yang pendek, misalnya mineral dan bahan tambang (minyak bumi, gas alam, timah, nikel, emas, perak, batu bara), serta panas bumi.
  • Sumber daya alam yang selalu tersedia atau lestari, yaitu sumber daya alam yang jumlahnya melimpah dan digunakan untuk kelangsungan hidup makhluk atau organisme, misalnya udara (untuk bernafas, gerakan udara atau angin untuk pembangkit listrik) dan sinar matahari (sumber energi untuk kehidupan dan untuk pembangkit listrik).
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>