Pengertian Perusahaan Jasa

Sebelum dibahas tentang perusahaan jasa, perlu diketahui pengertian perusahaan secara umum. Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi dan distribusi baik barang maupun jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Dilihat dari jenis usahanya, maka perusahaan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Perusahaan jasa adalah perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang yang kegiatan pokoknya bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa. Perusahaan jasa dapat berupa perusahaan perorangan, persekutuan ataupun perseroan. Perusahaan jasa yang banyak dijumpai di sekitar kita, contohnya bengkel mobil ataupun motor, salon kecantikan, perusahaan telekomunikasi, dan gedung-gedung bioskop, jasa/ servis elektronik, persewaan komputer, persewaan kendaraan/ mobil dan masih banyak lagi yang lain.
Siklus kegiatan perusahaan jasa dimulai dengan persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan penyerahan jasa kepada pelanggan. Dalam perusahaan jasa tidak ada arus masuk dan keluar barang kepada pelanggan, yang ada hanya pemakaian barang untuk membantu pelayanan kepada pelanggan. Perusahaan jasa akan memperoleh penghasilan dari pelanggan atas jasa-jasa yang telah diberikan. Dalam rangka memperlancar usahanya, perusahaan jasa akan menggunakan perlengkapan, peralatan, gedung, dan mengeluarkan beban- beban operasi.