Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Manajemen telah ada sejak lahirnya peradaban manusia, dan manajemen sebagai ilmu baru lahir pada akhir abad ke-19.
Mengenai batasan manajemen, di bawah ini diutarakan beberapa pendapat para ahli dari sarjana Indonesia.

a . S. Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

b. Sondang P. Siagian
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

cKarnadi Wargasasmita
Manajemen  adalah mengatur, mengurus, memimpin, mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.

d. The Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan- tindakan dalam usaha kerja sama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

Adapun definisi manajemen yang dikemukakan oleh sarjana- sarjana Barat, antara lain sebagai berikut.

a . Webster s Dictionary
Manajemen adalah tindakan mengendalikan, kecakapan dalam menjuruskan administrasi (management is the act of managing, skill in directing administration).

b. Harold Koontz dan O’Donnell
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan- kegiatan daripada orang lain (management is getting things done through the effort of other people).

cJohn D. Millet
Manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan (management is the process of dircting and facilitating the work of people organized in formal groups to achieve a desired goal).

d. George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain (management is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people).

eFrederick W. Taylor
Beliau mengemukakan empat prinsip manajemen penting, yaitu:
1) pengembangan metode kerja terbaik,
2) pemilihan serta pengembangan pekerja-pekerja,
3)  usaha menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan terlatih,
4) adanya kerja sama antara manajer dengan non manajer dalam hal pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.

fHenry Fayol
Ia menekankan pada pandangannya tentang manajemen sebagai suatu hal yang terdiri atas fungsi-fungsi.

Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan, bahwa manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.