Home EkonomiKoperasi dan Kewirausahaan Pengertian, Landasan, Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan dan Bidang Usaha Koperasi Sekolah

Pengertian, Landasan, Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan dan Bidang Usaha Koperasi Sekolah

by Ekonomi
0 comment
Dalam rangka pengembangan koperasi di tingkat pendidikan, dibentuklah koperasi sekolah. Koperasi sebagai suatu program dan bahan pengajaran selalu disertakan sebagai bagian yang integral dari program-program pengajaran atau kurikulum dari setiap jenjang pendidikan. 
Kegiatan belajar mengajar dan praktik koperasi sekolah merupakan bentuk sosialisasi koperasi di kalangan siswa sekaligus untuk menanamkan jiwa kewirusahaan sejak dini.
Koperasi pada hakikatnya adalah suatu bentuk kerja sama antara dua orang atau lebih. Secara  garis besar terdapat beberapa cara dalam menyosialisasikan koperasi, yaitu melalui lingkungan informal di dalam keluarga, lingkungan nonformal di masyarakat, dan lingkungan formal pendidikan atau sekolah.
A.  Pengertian Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah atau koperasi siswa adalah koperasi yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa-siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, atau sekolah-sekolah yang sederajat.

B.  Landasan Koperasi Sekolah

Seperti koperasi pada umumnya, koperasi sekolah memiliki landasan hukum yang kuat, yang meliputi landasan ideal, konstitusional, dan landasan operasional. Landasan ideal dan konstitusional koperasi sekolah adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Adapun landasan operasional koperasi sekolah diatur dalam keputusan bersama Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Koperasi serta  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 638/SKPTS/Men/1994, mengenai pembinaan dan pengembangan koperasi sekolah.

C.  Ciri-Ciri Koperasi Sekolah

Ciri-ciri koperasi sekolah, di antaranya sebagai berikut.
  1. Koperasi sekolah didirikan dalam rangka kegiatan belajar mengajar para siswa di sekolah.
  2. Anggotanya adalah kalangan siswa/murid sekolah yang bersangkutan.
  3. Bentuk koperasi sekolah tidak   berbadan hukum  karena pendiriannya berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar.
  4. Berfungsi sebagai laboratorium atau media praktik untuk pengajaran koperasi sekolah.

D.  Fungsi dan Tujuan Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah berfungsi sebagai wadah untuk mendidik bagi tumbuhnya kesadaran berkoperasi di kalangan siswa. Adapun tujuan koperasi sekolah adalah sebagai berikut.
  1. Mendidik, menanamkan, dan memelihara suatu kesadaran hidup bergotong royong, serta jiwa demokratis di antara para siswa.
  2. Memupuk dan mendorong tumbuhnya kesadaran serta semangat berkoperasi di kalangan siswa.
  3. Mendidik dan menanamkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) di kalangan siswa.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi di kalangan anggota yang berguna bagi  para siswa untuk bekal terjun di masyarakat.
  5. Menunjang program pembangunan pemerintah di sektor perkoperasian melalui program pendidikan sekolah.
  6. Membantu dan melayani pemenuhan kebutuhan ekonomi para siswa melalui pengembangan koperasi sekolah.
Baca Juga :   8 Peran Koperasi Terhadap Peningkatan Kemakmuran Rakyat Indonesia

E.  Bidang Usaha Koperasi Sekolah

Bidang usaha atau unit usaha koperasi sekolah harus berorientasi pada kepentingan siswa di sekolah yang bersangkutan. Bidang usaha yang biasa terdapat dalam koperasi sekolah, antara lain sebagai berikut.
1)    Unit Usaha Simpan Pinjam
Bidang usaha simpan pinjam diselenggarakan koperasi sekolah dengan tujuan membantu para  anggota dalam mengatasi masalah keuangan dan mendidik siswa untuk belajar hidup hemat.
2)    Unit Usaha Toko
Bidang usaha toko menjual berbagai keperluan siswa, seperti alat tulis,  buku pelajaran, makanan, dan atribut sekolah. Bimbingan dan pengawasan guru sangat dibutuhkan untuk kelangsungan unit usaha tersebut. Pengelolaan koperasi sekolah biasanya dilakukan secara bergiliran sesuai jadwal piket para siswa.
3)    Unit Kafetaria/Kantin Sekolah
Usaha kafetaria biasanya dilakukan sendiri oleh  anggota koperasi, para guru, atau dengan menjalin kerja sama dengan para produsen makanan atau minuman ringan.
4)    Unit Usaha Pelayanan/Jasa
Selain memberikan dan menyediakan kebutuhan berupa barang. Unit usaha koperasi juga  menyediakan pelayanan/jasa-jasa. Pelayanan tersebut antara lain dalam bentuk jasa fotokopi, wartel, dan kursus-kursus.

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment