Pengertian Erosi dan Jenisnya

Erosi atau pengikisan adalah proses terlepasnya partikel batuan secara alamiah oleh tenaga pengangkut yang ada di permukaan bumi, antara lain angin dan air. Erosi yang berlangsung secara alamiah dapat dikatakan tidak mengganggu keseimbangan lingkungan karena partikel-partikel tanah diendapkan seimbang dengan tanah yang terbentuk di tempat-tempat yang lebih rendah. Adapun erosi yang terjadi akibat kesalahan manusia dalam mengelola lahan dapat menimbulkan bencana. Misalnya penggundulan hutan dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor.

a.) Erosi Aliran permukaan
Erosi aliran permukaan dapat terjadi apabila intensitan dan atau lamanya hujan melebihi kapasitas infiltrasi. Oleh karena itu, laju erosi permukaan dipengaruhi oleh kecepatan dan turbulensi aliran.
b.) Erosi Angin
Proses pengikisan batuan atau tanah yang dilakukan oleh angin disebut deflasi. Erosi angin banyak terjadi di daerah gurun. Angin kencang yang membawa kerikil dan pasir mengikis batuan yang dilaluinya. Bentuk-bentuk lahan yang dapat diamati akibat erosi angin antara lain batu jamur.
c.) Erosi Gletser
Erosi Gletser sering disebut erosi Glasial, yaitu erosi yang terjdi akibat pengikisan massa es yang menuruni lereng. Erosi gletser dapat terjadi di pegunungan tinggi yang tertutup salju, misalnya di pegunungan Himalaya, pegunungan Alpen, dan pegunungan Rocky.
Ciri khas bentuk lahan akibat erosi gletser adalah adanya alur-alur lembah yang arahnya relatif sejajar. Erosi gletser yang berlangsung lama dapat membuat lembah-lembah yang dalam dengan bentuk seperti huruf U.
d.) Erosi Air Laut
Erosi oleh air laut disebut abrasi atau erosi marine. Erosi air laut disebabkan oleh adanya gelombang yang mampu mengiki batuan yang ada di pantai, kemudian di endapkan di sekitar pantai tersebut. Makin besar gelombang air laut makin besar pula tenaga untuk mengikis batuan.
Beberapa bentuk lahan akibat erosi air laut anatara lain:
– Cliff, yaitu pantai yang berdinding curam sampai tegak.
– Relung, yaitu cekungan –cekungan yang terdapat pada daerah dinding cliff.
– Dataran abrasi, yaitu hamparan wilayah yang datar akibat abrasi dan dapat terlihat jelas pada saat pasang surut.
]]>