Pengertian dan Penggolongan Sumber Daya Alam

  • Pengertian Sumber Daya Alam
  • Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Oleh karena itu, nilai sumber daya alam juga ditentukan oleh nilai kemanfaatannya bagi manusia. Contoh, lahan yang subur dapat dijadikan daerah pertanian potensial sehingga merupakan sumber daya alam yang tinggi nilainya.
    2. Penggolongan Sumber Daya Alam
    Ada beberapa macam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Sumber daya alam tersebut dapat diklasifikasikan menurut beberapa hal. Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya alam diklasifikasikan seperti berikut ini :
    a. sumber daya alam materi, yaitu bila yang dimanfaatkan adalah materi sumber daya alam tersebut.
    Contoh : pasir kuarsa dapat dilebur menjadi baja /besi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia diantaranya : kerangka beton, bahan kendaraan, alat rumah tangga dan masih banyak lagi kegunaannya.
    b. sumber daya alam hayati, ialah sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuh- tumbuhan. Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedangkan sumber daya alam hewan disebut sumber daya alam hewani. Bila kita telusuri lebih jauh, sumber daya hayati dapat digolongkan sebagai sumber daya alam materi maupun energi.
    Contoh : barang yang kita makan secara langsung adalah materinya, tetapi didalam tubuh makanan tersebut memberikan energi, sehingga manusia mempunyai tenaga untuk bekerja dan bergerak.
    c. sumber daya alam energi, yaitu bila barang yang dimanfaatkan oleh manusia adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam tersebut.
    Contoh : bahan bakar minyak (bensin, solar, minyak tanah dll). Gas alam, batu bara, dan kayu bakar merupakan sumber daya alam energi. Manusia menggunakan energi yang dihasilkan oleh sumber daya alam itu untuk memasak menggerakkan kendaraan, mesin industri, dan sebagainya.
    d. sumber daya alam ruang, yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Makin besar kenaikan jumlah penduduk, sumber daya alam ruang, makin sulit diperoleh. Ruang, dalam hal ini, dapat berarti ruang untuk mata pencaharian(pertanian, perikanan)tempat tinggal, arena bermain anak- anak dan sebagainya. Di kota-kota besar seperti jakarta, sumber daya alam ruang makin sulit didapat.
    e. sumber daya alam waktu, sulit dibayangkan bahwa waktu merupakan sumber daya alam, waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya.
    Contoh : air sulit didapat pada musim kemarau akibatnya, menganggu tanaman pertanian.
    ]]>