Pengertian dan Manfaat Globe

1. Pengertian Globe

Globe adalah tiruan bola bumi dalam ukuran kecil. Berbeda dengan peta globe, menggambarkan permukaan bumi secara utu dan menggambarkan sesuai denagn bentuk serta posisi bumi sebenarnya. Jadi globe dibuat denagn dengan bentuk bulat seperti bola bumi.
Beberapa bukti bahwa bumi kita bulat adalah sebagai berikut:
a. Bayangan bumi pada waktu terjadi gerhan bulan menunjukkan bahwa bayangan tersebut berupa bidang lengkung yang merupakan bagian dari lingkaran, ini menunjukkan bahwa bumi kita bulat.
b. Sebuah kapa menuju ke pelabuhan, mula-mula terlihat asapnya, kemudian cerobongnya, yang akhirnya baru terlihat badannya, ini menunjuukkan bahwa bumu kita bulat.
2. Kedudukan Globe
Kedudukan globe seperti kedudukan bumi yang sebenarnya, yaitu sumbunya condong atau miring membentuk sudut 66,5o. terhadap bidangdatar atau bidang horizontal da miring 23,5 terhadapbidang vertikalnya. Denagn kecondongan sumbu bumi nilah yang mengakibatkan pergerakan semu matahari dan adanya pergantian iklim yanga da dipermukaan bumi.
3. Manfaat Globe
Manfaat globe adalah sebagai berikut:
a. Menunjukkan bentuk bumi secara utuh karena globe merupakan satu kesatuan dari seluruh permukaan bumi.
b. Menunjukikan garis lintang dan garis bujur yamng ada di bola uni, yang sebenarnya garis tersebut melengkung tidak seperti yang ada dalam peta.
c. Dapat memperaakan rotasi bumi yaitu bergerak daria rah barat ke timur.Menunjukkka terjadinya siang dan malam, siang adalah bagian bumi yang kena sinar matahari dan malam adalah bagian bumi yang tidak terkena sinar matahari.
d. Menunjukkan pembagian daerah waktu dan daerah pembagian iklim matahari.
e. Menunjukkan persebaran daratan dan lautan yang ada di bumi
f. Menunjukkan letak astronomis berbagai tempat yang ada dipermukaan bumi.
4. Mencari informasi Geografi di dalam globe
a. Garis Lintang
Garis lintang sangat bermanfaat untuk menunjukkan pembagian iklim, khususnya iklim pembagian matahari. Disamping itu kita jua bisa menunjukkan berbagai macam garis lintang, seperti garis khatulistiwa, garis baliki lintang selatan, dan sebagainya.
b. Garis Bujur
Garis bujur sangat bermanfaat untuk menunjukkan pembagian waktu yang ada di daerah bumi. Juga bisa untuk menunjukkan macam-macam garis bujur.
c. Garis Lintang dan garis bujur
Kedua garis dia tas secar bersama-sama dapat untuk menentukan letak astronomis suatu negara atau daerah.
]]>