Pengertian batuan Beku dan Jenisnya

Batuan beku (igneous rock )adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku . Secara umum batuan beku mempunyai ciri – ciri homogen yang kompak , tidal ada pelapisan dan umumnya tidal mengandung fosil .

Batuan beku di bedakan menjadi 2 kelompok yaitu berdasarkan tempat pembekuannya dan berdasarkan mineral penyusunannya
a . Berdasarkan tempat pembekuannya
Berdasarkan pembekuannya batuan beku di bedakan menjadi 3 , yaitu batuan beku dalam , batuan beku korok atau gang dan batuan beku luar .
1) . Batuan beku dalam
Batuan beku dalam adalah batuan beku yang terbentuknya jauh di permukaan bumi , yaitu pada kedalaman 15-50 km . Karena tempat pembekuannya dekat dengan astenosfer . pendinginan magma nya sangat lambat sehingga menghasilakan batuan yang besar – besar dengan tekstur holokristalin ,yaitu semua komposisi batuan di susuun oleh kristal yang sempurna .
Ciri –ciri batuan beku dalam antara lain sebagai berikut :
a). umunya berbutir lebih kasar di bandingkan dengan batuan beku luar
b). Jarang menunjukan adanya lubang – lubang
2) . Batuan beku korok ( Gang )
Batuan beku korok ( gang ) adalah batuan beku yang terbentuk di daerah korok atau celah kerak bumi sebelum mgma sampai kepermukaan bumi . Proses pembekuan magma itu agak cepat sehinnga membentuk batuan yang menjadi kristal – kristal yang kurang sempurna . Misalnya , magma yang mempunyai susunan granit membeku di dalam sebuah gang akan membentuk batuan beku yang di sebut porfiri granit .
3) . Batuan beku luar
Batuan beku luar atau di sebut juga batuan lelehan adalah batuan beku yang terbentuk di permukaan bumi . Magma yang keluar bumi mengalami proses pendinginan dan pembekuan sangat cepat sehinnga menghasilkan kristal – kristal batuan . Contoh batuan beku luar adalah riolit dan basalt .
b . Berdasarkan Mineral Penyusun ,
Berdasarkan mineral penyusunannya di bedakan menjadi 2 , yaitu mineral dan mineral berat .
1) Batuan Beku Mineral Ringan .
Batuan beku yang tersusun atas mineral – mineral ringan biasanya berwarna terang , mudah pecah , dan banyak mengandung silikat sehingga termasuk batuan yang bersifat asam .
2) . Batuan Beku Mineral Berat
Batuan beku yang tersusun atas mineral – mineral biasanya berwarna gelap , sukar pecah , dan banyak mengandug silikat sedikit sehingga termasuk yang bersifat basa .
]]>