Pengertian Atlas dan Syaratnya

clip_image002

1. Pengertian Atlas
Atlas merupakan kumpulan dari beberapa peta yang dijilid menjadi sebuah buku. Dengan demikian, berbeda dengan peta, kalau peta itu merupakan gambaran permukaan bumi yang saling lepas, lembar perlembar, sedangakn atlas merupakan kumpualn dari beberapa peta yang merupakan satu kesatuan yang dijilid dan diberi judul tersendiri, yaitu judul atlas.
2. Syarat-Syarat Atlas
Sebuah atlas yang baik harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  • Rapi, indah, dan menarik
  • Sistematis, artinya peta-peta yang ada di dalam atlas tersebut disusun sesuai dengan urutan yang jelas sehingga mudah untuk dipahami.
  • Bersifat informatif, artinya mudah dibaca, dan memberikan informasi yag aktual
  • Isinya lengkap,artinya memuat data-data yang lengkap sesuai denagn judul atlasnya.
  • Memiliki unsur-unsur atlas yang lengkap
3. Unsur-Unsur Atlas
Unsur-unsur atalas terdiri atas judul, daftar isi, legenda, kata pengantar, tahun pembuatan, dan indeks.
  • Judul atlas
Judul atalas harus sesuai denagn isi atlas. contoh :atlas Indonesia, berarti di dalam atlas tersebut hanya memuat tentang negar Indonesia, baik mengenai keadaan alam, pulau-pulaunya, batas wilyah, maupun keadaan sosial ekonominya.
  • Daftar Isi
Memuat semua isi atlas, terutama judul-judulnya dan halaman-halamannya.
  • Legenda
Memuat tentang keterangan-ketyerangan dari simbol-simbol atau singkatan-singkatan yang digunakan did ala atlas tersebut. Berbeda dengan legenda yang ada di dalam ppeta , kalu di peta legenda disertakan ditiap-tipa peta, sedangkan di dalam atlas, legenda disajikan dalm halaman tersendiri, dan sudah mewakili seluruhketerangn simbol peta yang tergambar dalm atlas tersebut. Jadi tiap-tiap lembar peta yang ada di dalm atlas tersebut tidak usah diberi legenda lagi.
  • Kata Pengantar
Biasanya kata pengantar berisi ucapan syukur kepada tUhan YME serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terwujudnya dalam pembuatan atlas tersebut. Dicantumkan juga maksud dan tujuan atlas tersebut dan biasanya diakhiri dengan harapan-harapan, sumbang sarn, masukan-masukan atau kritik yang memangundari pengguna atau pembaca talas tersebut.
  • Tahun Pembuatan Atlas
Angka tahun dan penerbit di dalam atlas menunjukkan kapan atlas tersebut dibuiat dan instansi mana yang menerbitkan. Hal ini penting dicantumkan karena untuk mengetahui sudah berapa lama atlasw tersebut dibuat, sehingga kapan harus diperbaharui lagi karena mungkin sudaha banyak data yang tidak sesuai.
  • Indeks
Indeks merupakan daftar nama-nam tempat, seperti kota, gunung, sungai bandar udara,, danau, dan sebaginya yang diurutkan sesuai denagn huruf abjad yang disertai nomor dan halaman, kolom, dan lajur. Daftar indeksbiasanya terletank dibagiann belakang dari sebuah atlas. Contoh: jika di dalam daftar indeks tertulis Semarang, 25 C 4 artinya kota Semarang terletak pada halaman 25, kolom C, dan lajur 4.
]]>