Home GeografiHakikat Geografi Pendekatan Regional dalam Geografi

Pendekatan Regional dalam Geografi

by geografi
0 comment

Pendekatan regional berarti mendekati suatu tanda-tanda atau suatu duduk perkara dari regional, wilayah daerah tanda-tanda atau duduk perkara tersebut tersebar. Tekanan utama pendekatannya bukan kepada topik atau acara manusianya, melainkan kepada region yang merupakan daerah atau  wadahnya. Jadi, wilayah dan ekologinya bangun sendiri dalam satu ruangan. Misalnya dalam melaksanakan studi wacana duduk perkara kelaparan, kita sanggup melaksanakan pendekatan regional wacana tanda-tanda kelaparan tadi. Dalam hal ini meninjau kelaparan menurut wilayahnya. Pertanyaan yang sanggup dikemukakan, yakni di wilayah-wilayah mana saja kelaparan terjadi? Kita balasannya sanggup mengungkapkan penyebaran tanda-tanda atau duduk perkara kelaparan di permukaan bumi.
Berdasarkan penyebarannya kita sanggup pula mengungkapkan apa sebabnya kelaparan itu terjadi di region/wilayah yang bersangkutan. Selanjutnya kita sanggup mengungkapkan interelasi dan interaksi tanda-tanda kelaparan itu dengan gejala-gejala yang lain pada region yang sama. Dalam hal ini berarti bahwa kita telah mengungkapkan interelasi dan interaksi keruangan tanda-tanda kelaparan dengan tanda-tanda atau faktor geografi lainnya, menyerupai faktor acara penduduknya.
Selanjutnya, dari hasil pendekatan regional dengan didasarkan atas prinsip-prinsip geografi, kita akan sanggup mengadakan deskripsi tanda-tanda atau duduk perkara kelaparan tadi pada region/wilayah yang bersangkutan.
Sumber : Geografi : untuk SMA/ MA Kelas X / penyusun, Dibyo Soegimo,  Ruswanto; editor, Ayang Susatya, Sugeng Raharjo ; illustrator, Nashirudin.  Jakarta : Pusat Perbukuan,  Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
]]>

Baca Juga :   2 Pendekatan Keruangan (Spatial Approach) dalam Geografi

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment