Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Arif

Lingkungan kita merupakan sumber daya. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkannya. Akan tetapi, pemanfaatannya harus kita lakukan dengan bijaksana. Tujuannya agar daya dukungnya yang berkelanjutan dapat dipelihara untuk dapat menjamin tingkat hidup yang makin tinggi.

Komisi sedunia untuk lingkungan dan pembangunan mengemukakan bahwa pembangunan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sekarang diharuskan untuk tidak mengurangi kemampuan generasi yang akan datang memenuhi kebutuhan mereka. Pernyataan tersebut mempunyai wawasan jangka panjang antargenerasi. Untuk itulah pengelolaan sumber daya alam harus berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
Pembangunan adalah keadaan dinamis mengubah keadaan, mengolah sumber daya alam, dan merombak sistem nilai masyarakat ke tingkat kemajuan. Oleh karena pembangunan mengubah keadaan dan bersifat jangka panjang maka ada dua hal yang menjadi sangat penting, yaitu:
1. memelihara kelestarian sumber daya alam agar dapat digunakan terus- menerus menopang pembangunan jangka panjang;
2. memelihara kemantapan arah pembangunan agar tetap tertuju pada peningkatan kualitas hidup dengan ciri-ciri peningkatan kesejahteraan, kecerdasan kehidupan, dan keadilan sosial.
Peningkatan manfaat dapat dilakukan dengan menaikkan efisiensi penggunaan sumber daya, tanpa menaikkan jumlah sumber daya yang kita pakai. Daur ulang termasuk usaha menaikkan efisiensi penggunaan sumber daya. Ketentuan akan sumber daya semakin meningkat karena kenaikan kebutuhan yang disebabkan oleh kenaikan jumlah penduduk. Usaha pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan dan berkelanjutan sangat penting untuk sumber daya yang dapat diperbarui dan tak dapat diperbarui.
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>