Pemanfaatan Lingkungan Hidup

Pembangunan yang dilaksanakan di Indonesia adalah pembangunan berwawasan lingkungan. Hal tersebut dikarenakan sumber daya alam sudah semakin memprihatinkan. Oleh karena itu, pembangunan lingkungan hidup merupakan salah satu sasaran yang mendukung pelaksanaan pembangunan pada umumnya.

Pananganan lingkungan hidup di Indonesia harus serius. Ada beberapa sebab yang mendasarinya, seperti berikut ini.
  • Lingkungan hidup di Indonesia mulai kehilangan keseimbangan. Hal tersebut disebabkan adanya ledakan penduduk, dan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak menghiraukan kelestariannya.
  • Pemanfaatan, pemeliharaan dan kelestarian lingkungan hidup harus dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Sumber daya alam yang diolah secara berkesinambungan dalam proses pembangunan jangka panjang harus dapat dirasakan dari generasi ke generasi berikutnya.
  • Tujuan pembangunan lingkungan adalah untuk membangun manusia Indonesia yang utuh, seimbang dan selaras sehingga memberikan gambaran kualitas hidup yang lebih mantap. Oleh karena itu, kita harus mengupayakan adanya perlindungan terhadap flora dan fauna, bukit, pegunungan, sungai, hutan dengan segala isinya.
Potensi hutan yang sangat berlimpah di Indonesia perlu dikelola dengan baik sehingga dapat diperoleh manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat secara merata. Oleh sebab itu perlu ditingkatkan penyuluhan tentang fungsi hutan dan peranannya dalam ikut memberi kesejahteraan masyarakat. Dari itu diharapkan timbul kesadaran masyarakat yang tinggi apabila masyarakat ikut berperan aktif dalam pengelolaan hutan. Akhirnya, masyarakat akan mempunyai kesadaran untuk memanfaatkan dan melindungi hutan dari kepunahan.
Dari uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung memerlukan lingkungan yang seimbang. Tanpa lingkungan hidup keberadaan manusia tidak berarti apa- apa. Secara timbal balik, manusia dan lingkungan hidup saling mengisi.
Akhir-akhir ini kemajuan teknologi, meningkatnya jumlah penduduk, kehidupan sosial masyarakat menjadi semakin menurun. Mulailah manusia mengolah sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Alam dianggap tersedia hanya untuk kepentingan manusia. Industri dan pertanian meningkat.
Sumber daya alam diperlukan sebagai bahan mentah untuk diolah melalui teknologi dan ekonomi menjadi barang jadi. Sumber daya alam dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk keperluan manusia. Akan tetapi, ada kalanya manusia mengolah alam dengan semena-mena tanpa memper- hitungkan dampak negatifnya.
Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup pada dasarnya terletak di tangan manusia sebagai makhluk yang diserahi tugas meman- faatkan makhluk-makhluk lainnya. Lestari atau tidak, lingkungan hidup itu terletak pada manusia. Sebagai pengelola alam dalam mencari manfaat hidup, manusia harus bertindak sesuai dengan peraturan atau hukum yang berlaku dalam pengelolaan lingkungan hidup.
Setiap anggota masyarakat juga harus dididik sebagai warga negara yang cinta lingkungan, ikut bertanggung jawab terhadap kesehatan lingkungan. Juga kesadaran menjaga kelestarian hutan, tumbuh-tumbuhan, dan satwa. Demikian pula kesadaran bahwa akibat penggundulan hutan dan penebangan kayu di lereng gunung secara serampangan dapat menimbulkan petaka dan kerugian masyarakat seperti banjir pada musim penghujan. Untuk itulah alam dan segala isinya perlu dilindungi dan dilestarikan bagi kehidupan masa kini dan masa mendatang.
Lingkungan hidup yang serasi dan seimbang sangat kita perlukan karena merupakan unsur penentu kehidupan suatu bangsa. Oleh karena itu, kita wajib menjaga dan melestarikannya untuk kepentingan bersama untuk generasi sekarang dan generasi mendatang.
Lingkungan hidup dibagi menjadi tiga golongan, yaitu sebagai berikut.
  • Lingkungan fisik adalah segala sesuatu di sekitar kita berupa benda mati, seperti kendaraan, gunung, air, sungai, danau, laut, tanah, dan lain-lainnya.
  • Lingkungan biologis adalah segala sesuatu di sekitar kita yang tergolong organisme hidup seperti tumbuhan dan hewan.
  • Lingkungan sosial adalah manusia (masyarakat) yang ada di sekitarnya, seperti tetangga, teman, dan lain-lainnya.
Untuk mendukung kehidupannya, manus ia harus menggunakan unsur- unsur dalam lingkungan hidup berupa udara, air, bahan bakar, dan lainnya, serta sumber daya alam yang sangat penting untuk semua kegiatan produksinya. Adapun pada hakikatnya, merosotnya kualitas lingkungan hidup diakibatkan oleh berbagai sebab terutama aktivitas manusia, baik langsung maupun tidak langsung.
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>