MENGHITUNG PERTUMBUHAN PENDUDUK SUATU WILAYAH

Pertumbuhan penduduk adalah keseimbangan dinamis antara kekuatan-kekuatan yang menambah dan kekuatan-kekuatan yang mengurangi jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi. Faktor pertumbuhan penduduk, kelahiran dan kematian disebut faktor alami, sedangkan migrasi disebut faktor nonalami.

Tingkat pertumbuhan penduduk di negara kita masih termasuk tinggi, yakni sekitar 1,98% per tahun. Untuk menurunkan tingkat pertumbuhan yang tinggi ini, pemerintah Indonesia melaksanakan program Keluarga Berencana. Dengan program ini diharapkan pada tahun-tahun selanjutnya pertumbuhan penduduk akan menurun menjadi ± 1,9 persen pada kurun waktu tahun 1995 – 2000.
Struktur penduduk Indonesia adalah penduduk usia muda, hal ini sebagai akibat dari masih tingginya tingkat kelahiran. Persentase penduduk 0-14 tahun pada tahun 1980 mencapai 40,3 persen dan pada tahun 1985 sedikit turun menjadi 39,2 persen. Penduduk usia muda ini pada tahun 2000 menjadi 37,7 persen.
Bertambah atau berkurangnya penduduk suatu negara atau daerah ditentukan oleh kelahirankematiandan migrasi. Perubahan penduduk tersebut, baik pertambahan maupun penurunannya disebut pertumbuhan penduduk.
]]>