Menggunakan Skala Untuk Menghitung Jarak dan Luas Wilayah

Skala merupakan perbandingan jarak antara dua titik pada peta dengan jarak horizontal di muka bumi. Sehingga dengan menggunakan skala yang ada pada peta, kita bisa mencari dan menemukan jarak yang sebenarnya dari suatu tempat dimuka bumi atau di lapangan. Dilihat dari bentuknya, skala dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :

  • Skala angka atau numeris, yaitu skala yang diwujudkan dalam bentuk angka, misalnya 1 : 50.000.
  • Skala garis atau grafis, yaitu skala yang diwujudkan dalam bentuk garis atau grafis, misalnya :
  • Skala yang dinyatakan dengan kalimat (inch to miles), misalnya one inch to one miles atau 1 : 63.660.
1. Menggunakan Skala Untuk Mengukur Jarak
Dalam menggunakan skala untuk menghitung jarak lurus dapat dilakukan dengan mudah. Pada sketsa peta yang berskala 1 : 1.000.000 dibawah, jarak antara kota A dengan kota B pada peta 3 cm. maka untuk mencari jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut adalah :
Jarak sebenarnya = 3 cm x 1.000.000
= 3.000.000 cm
= 30 km
2. Menggunakan Skala Untuk Menghitung Luas Wilayah
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung luas wilayah dengan skala, yaitu dengan metode kotak (square method), metode garis potong (sriped method), dan metode segitiga (triangle method).
a. Menghitung Luas Wilayah Dengan Metode Kotak (Square Method)
Luas wilayah pada peta dapat dihitung dengan menggunakan kotak-kotak yang berada dalam wilayah yang dipetakan kemudian dijumlahkan, sedangkan kotak yang tidak penuh misalnya seperempat, setengah dan sebagainya dapat digabungkan sehingga menjadi kotak yang penuh, lihat contoh seperti dibawah ini :
clip_image002
Gambar 3.4 metode kotak
Pada sketsa setiap satu kotak luasnya adalah 1 km, kotak yang tidak utuh digabungkan sehingga menjadi kotak yang utuh lalu kita jumlah semuanya. Setelah dijumlahkan ada 6 kotak yang utuh dan 9 kotak yang tidak utuh, sehingga luas peta tersebut adalah : (6×1 km2) + (3×3/4) + ( 2×1/2) + (4×1/4)
= 10,25 km2
b. Menghitung Luas Dengan Metode Garis Potong (Striped Method)
Pengukuran luas dilakukan dengan menghitung semua luas persegi panjang yang ukurannya ditentukan berdasarkan keseimbangan, yaitu antara bagian peta yang dibuang dengan bagian di luar peta yang diperhitungkan, kemudian dikalikan dengan skala peta. Contoh seperti dibawah ini :
clip_image004
Gambar 3.5 Metode Garis
c. Menghitung Luas Dengan Metode Segitiga (Triangular Method)
Metode ini prinsipnya menutup bidang yang diukur dengan bidang segitiga. Semakin banyak bidang luas yang diukur tertutup dengan bidang segitiga, semakin akurat hasil pengukurannya.
Luas = Segitiga (1+2+3+4+…n) x (skala)2
]]>