Menentukan Letak dan Nama (Toponomi) Unsur-Unsur Geografi

1. Menentukan Letak Unsur Geografi

Komponen peta tematik merupakan informasi yang terdiri dari judul, skala, orientasi, garis tepi, letak koordinat, sumber, insert, dan legenda yang ditempatkan pada bagian tepi. Komponen peta diatur dengan baik sebagai komposisi atau tata letak peta tematik dengan memperhatikan aspek selaras, serasi, dan seimbang.
Cara menentukan letak unsur geografi yang digambarkan dalam bentuk simbol adalah dengan mendasarkan pada koordinat geografi, yaitu perpotongan antara garis lintang dan garis bujur. Lihat contoh penempatan letak kota atau unsur posisional diatas. Dimana kota A terletak pada koordinat 9° BT dan 45° LS. Cara demikian juga dapat dilakukan untuk penempatan unsur geografi yang berupa simbol linier maupun unsur luasan.
2. Penanaman Unsur Geografi
Dalam pembuatan peta, nama-nama unsur geografi ditulis dengan prinsip dan huruf-huruf tertentu. Prinsip untuk penulisan nama-nama unsur geografi antara lain :
a) Penulisan wilayah administrasi dan nama tempat menggunakan warna hitam atau sejenisnya yang gelap dengan cetak tegak. Berupa huruf tegak besar antara lain nama negara, pembagian wilayah propinsi (administrasi), pulau-pulau besar dan kota-kota besar. Sedangkan huruf tegak kecil seperti kota, desa dan hutan.
b) Nama suatu kenampakan relief seperti pegunungan, bukit, dataran rendah dituliskan dengan tipe huruf warna hitam dan cetak miring.
c) Nama-nama yang berupa unsure perairan seperti sungai, danau, rawa, laut dituliskan dengan warna biru dan cetak miring. Huruf besar (kapital) cetak miring digunakan untuk penamaan samudera, laut dan sungai besar. Sedangkan untuk cetak miring kecil untuk sungai, pantai dan pulau-pulau kecil. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah !
clip_image002
Gambar 3.11. Penamaan/lettering
Komposisi Peta Tematik
Penempatan unsur-unsur pada peta tematik agak berbeda dengan penempatan unsur-unsur atau komposisi peta umum. Komponen peta tematik biasanya diletakan dalam garis tepi peta, juga dapat diluar garis tepi peta di dalam bingkai. Seperti contoh dibawah ini.
clip_image002[5]
Gambar 3.12. Komposisi peta tematik
]]>