MASALAH KEPENDUDUKAN DI INDONESIA

Berbagai pandangan telah banyak dikemukakan berkaitan dengan ketidakmungkinan kita menghindar dari pengaruh dan kebutuhan akan teknologi. Dengan kemampuan pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang, manusia berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh sebab itu, kualitas penduduk Indonesia sebagai sumber daya manusia perlu ditingkatkan terus.

Sumber daya manusia yang kita butuhkan adalah sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan untuk berkembang dan beradaptasi. Karena adanya perubahan yang cepat, sumber daya manusia harus mampu menggunakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengolah sumber daya alam yang terbatas secara efisien.
Kondisi penduduk di Indonesia mempunyai ciri-ciri yang kurang menguntungkan bila dilihat dari segi pembangunan nasional. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
1) Jumlah penduduknya banyak, menempati nomor empat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat.
2) Pertumbuhan penduduknya cepat, hal ini disebabkan oleh tingginya angka kelahiran dan rendahnya angka kematian. Selain itu, pertumbuhan penduduk yang cepat juga dapat mengakibatkan menurunnya kualitas penduduk dan tingkat kesejahteraan penduduk.
3) Persebaran penduduk yang tidak merata, penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 210 juta jiwa, sekitar 60% di antaranya tinggal di Pulau Jawa.
4) Komposisi penduduk kurang menguntungkan, hal ini disebabkan karena banyaknya penduduk usia muda sehingga angka ketergantungan sangat tinggi.
5) Arus urbanisasi tinggi
Beberapa usaha untuk mengatasi permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup tersebut, antara lain sebagai berikut.
1) Perencanaan, pengaturan, dan pembatasan usia minimal pernikahan.
2) Perencanaan, pengaturan dan pembatasan kelahiran.
3) Meratakan persebaran penduduk dengan cara mengadakan program transmigrasi dan melaksanakan pembangunan desa untuk membendung arus urbanisasi.
4) Memperluas kesempatan kerja, meningkatkan fasilitas pendidikan kesehatan, transportasi, komunikasi, dan perumahan.
5) Menyelenggarakan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang baik melalui sekolah, kursus-kursus, dan perkumpulan lainnya.
]]>