Masalah Kependudukan dan Dampaknya Terhadap Pembangunan

Masalah yang paling penting dalam kehidupan penduduk di suatu tempat ialah ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung lahan. Ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Pertambahan jumlah penduduk di suatu daerah sebagian besar diakibatkan karena jumlah kelahiran yang ternyata jauh melebihi dari jumlah kematian. Selain itu disebabkan pula oleh pengendalian risiko kematian makin berhasil ditingkatkan, sehingga angka kematian yang terjadi sangat kecil.

Pertambahan jumlah penduduk yang dominan karena per tumbuhan alamiah. Hal ini disebabkan pertambahan penduduk alamiah merupakan sumber utama pertumbuhan penduduk di suatu wilayah. Tetapi ada pula di beberapa wilayah, terutama di kota-kota besar, ternyata migrasi yang memegang peranan penting dalam memengaruhi pertumbuhan penduduk yang semakin cepat. Dengan adanya migrasi ini kemungkinan di suatu wilayah akan mengalami peningkatan sarana komunikasi sehingga menjadi faktor penarik untuk terjadinya perpindahan penduduk.
Lingkungan alam setiap wilayah di permukaan bumi memiliki ciri khas tersendiri. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukungnya, seperti iklim, kondisi geologi, hidrologi, morfologi, tanah, dan vegetasi. Perbedaan kondisi fisik menimbulkan aktivitas kehidupan pen duduk yang berbeda pula. Dengan kata lain, aktivitas pen duduk melambangkan kemampuan lingkungan dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan hidup nya. Didukung oleh kebudayaan yang dimiliki oleh individu atau kelompok dapat melahirkan berbagai aktivitas yang beragam, misalnya mata pencarian ada yang bertani, nelayan serta ada yang bekerja pada sektor industri atau jasa.
Sebagaimana yang telah dikemukakan di atas bahwa karakter dan sifat wilayah akan memengaruhi kondisi penduduknya. Perbedaan tentang budaya dari wilayah itu baik berupa desa ataupun kota, juga akan memengaruhi pertumbuhan penduduk yang terjadi. Wilayah yang relatif subur, bisa menimbulkan penduduk datang ketempat itu dan bermukim hingga menjadi warga wilayah itu, maka secara tidak langsung proses itupun bisa dikatakan sebagai pertumbuhan penduduk. Berikut ini beberapa permasalahan ke pen dudukan yang timbul akibat dari pertumbuhan penduduk, dan nantinya akan ber pengaruh terhadap keadaan lingkungan.
  1. Terjadinya urbanisasi mengakibatkan ketimpangan penduduk, di kota semakin tinggi dibandingkan dengan desa.
  2. Adanya perubahan fungsi lahan, yang digunakan untuk kepentingan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
  3. Kepadatan penduduk yang tinggi meng akibatkan terbentuknya kawasan kumuh (slum area) di suatu kota.
  4. Pencemaran lingkungan akibat banyaknya limbah dari ber bagai aktivitas manusia.
  5. Menurunnya kualitas kesehatan penduduk.
  6. Meluasnya lahan padat huni di pinggiran kota.
  7. Tingginya persaingan dalam mendapatkan fasilitas pelayanan masyarakat.
  8. Rendahnya tingkat pendidikan yang diakibatkan karena faktor ekonomi.
  9. Berubahnya budaya yang memengaruhi gaya hidup.
Berbagai hal di atas secara langsung dapat menghambat pembangunan. Maka di sisi lain, pihak-pihak yang bersangkutan perlu mengentaskan permasalahan penduduk tersebut, dalam rangka membangun masyarakat Indonesia untuk mencapai kesejahteraan. Upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi permasalahan penduduk, antara lain:
  1. menertibkan dan mengatur arus urbanisasi;
  2. mengecek dan membenahi status kependudukan;
  3. memelihara kawasan-kawasan konservasi;
  4. membuat aturan untuk pemanfaatan lahan sekitar tempat tinggal dan sungai di suatu kota;
  5. membangun fasilitas dan sarana pelayanan umum dengan baik.
Rokhman, Muhamd Nur, dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu 2: Untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta. PT. Pelita Ilmu
]]>