Macam-Macam Peta

Peta sangat banyak macamya, tinggal dari sisi mana kita meninjaunya. Oleh karena itu, pada pembahasan lain ini akan dibicarakan beberapa macam peta yang ditinjau dari berbagai aspek.

1) Ditinjau dari Isinya
Peta jika ditinjau dari isinya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu peta umum dan peta khusus.
a) Peta umum,
Peta yang menggambarkan keadan fisik maupun sosial ekonomi secara umum. Didalam peta umum ini banyak data yang ditampilkan seperti: kota,, sungai, danau, gunung, jalan raya, pelabuhan, Bandar udar, dan lain-lain. Contoh: peta topografi dan peta chorografi.
clip_image002
clip_image004
b) Peta khusus (peta tematik)
Peta khusus yaitu peta yang menggambarkan kenampakan-kenampakan tertentu dimuka bumi. Contoh: peta iklim, peta tanah, peta penduduk, peta persebaran hasil tambang, dan lain-lain.
clip_image006
clip_image008
2) Ditinjau dari bentuknya
Secara umum bentuk peta dibedakan menjadi tiga, yaitu peta datar, peta relief, dan peta digital.
a) Peta datar atau peta biasa, yaitu peta yang digambarkan pada bidang datar atau hanya tampak seperti dilihat dari atas. Contoh: peta dinding
b) Peta timbul atau peta relief, yaitu peta yang menggambarkan bentuk permukaan bumi sesuai dengan aslinya atau digambarkan dalam bentuk tiga dimensi. Peta timbul sering dibuat denagn menggunakan semen, gip, atau denagn menggunakan bubur kertas. Dalam peta timbul tersebut akan kelihatan seperti bentuk kedaan alam yang sebenarnya, gunung-gunung akan digambarkan lebih menjulang atau menonjol dari permukaan bumi, sungai-sungai akan digambarkan alaur seperti sungai sebenarnya, danau akan digambarkan lenih rendah, dan sebagainya.
c) Peta digital atau peta elektronik, yaitu peta yang disajikan melalui media elektronik, seperti computer, TV, VCD, LCD, internet, dan sebagainya. Pada saat sekarang ini peta digital banyak diminati oleh para pengguna peta, khususnya peta di Negara-neegara maju karena lebih praktis, sistematis, dan lengkap. Di Indonesia penggunaan peta digital melalui computer atau LCD sebenarnya sudah merupakan suatu kebutuhan, hanya mugkin dari dana saja yang merupakan kendalanya.
3) Ditinjau dari skalanya
Berdasarkan skalanya peta dapat dibedakan menjadi lima yaitu sebagai berikut:
a) Peta skala sangat besar atau peta kadaster (peta teknik), yaitu peta yang berskala 1:100 sampai 1: 5000
b) Peta skala besar, yaitu peta yang berskala 1: 5000 sampai 1: 250.000
c) Peta skala sedang, yaitu peta yang berskala 1: 250.000 sampai 1: 500.000
d) Peta skala kecil, yaitu peta ang berskala 1: 5.00.000 sampai 1: 1.000.000
e) Peta berskala sangat kecil atau peta geografis (peta tnjau), yaitu peta yang berskala lebih kecil dari 1: 1.000.000. Denagn demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar perbandingan skal petanya, amka peta tersebut semakin kecil. Semakin kecil petanya, maka semakin luas daerah yang dipetakan.
]]>