Letak Luas Dan Keadaan Alam Negara Cina

 

Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina

Letak dan Luas
Secara astronomis wilayah Cina terletak diantara 18º LU – 54ºLU dan 73º BT – 135º BT. Secara geografis terletak di bab timur Benua Asia menghadap ke Samudra Pasifik. Luas wilayah Cina mencapai ± 9.596.961 km² (hampir lima kali luas Indonesia dengan luas 1.919.317 km²). Di dunia menempati urutan terluas keempat sehabis Rusia, Kanada dan Amerika Serikat. Untuk lebih terang memperoleh citra perihal lokasi dan situasi Cina, amati peta berikut.
 Secara astronomis wilayah Cina terletak diantara Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina
Keadaan Alam (Fisiografi dan Iklim)
Sekalipun wilayah Cina luas, tetapi sebagian besar merupakan
pegunungan, perbukitan dan plato. Hanya kira-kira 12% saja wilayah dataran rendahnya. Arah memanjang pegunungan dan sungai cenderung barat – timur sehingga membagi Cina menjadi tiga wilayah geografis yang berbeda. Di bab barat terdapat dataran tinggi Tibet, sedangkan di sebelah utara terdapat wilayah Sinkiang- Mongolia. Kedua wilayah ini sebagian besar merupakan pegunungan tinggi dan gurun pasir ibarat gurun Gobi di Mongolia, dan plato berumput subur.
Luas kedua wilayah ini meliputi hampir separuh luas wilayah Cina, tetapi hanya dihuni oleh 5% saja dari penduduk Cina secara keseluruhan. Wilayah utama ketiga yaitu bab Timur sepanjang tempat Laut Pasifik, yang dihuni oleh 95% penduduk Cina. Dari ketiga wilayah tersebut maka wilayah Timur merupakan wilayah terpenting. Disamping alasannya yaitu lahannya yang subur sebagai lahan pertanian dan merupakan konsentrasi penduduk, wilayah ini merupakan pusat semua industri penting di Cina.
Tiga sungai besar Cina mengalir melalui wilayah ini, yaitu sungai Yangtze atau Chang Kiang (terpanjang di Cina mencapai 5.520 km), Sungai Hwang Ho (Sungai Kuning), dan pedoman Sungai Si Kiang yang mengalir melalui Cina Timur.
Secara rinci kondisi alam Cina sanggup dibedakan ke dalam empat wilayah utama yaitu sebagai berikut.
a) Lembah-lembah sungai besar dan dataran tinggi Cina sebelah Timur (Dataran Tinggi Manchuria).
b) Plato dan Pegunungan Tinggi Tibet.
c) Basin-basin atau cekungan Gurun Sinkiang.
d) Stepa Plato Mongolia.
 Secara astronomis wilayah Cina terletak diantara Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina
Iklim di Cina sangat beragam. Hal tersebut diakibatkan alasannya yaitu mempunyai wilayah yang sangat luas dan ciri fisik yang sangat bermacam-macam pula. Pada trend hirau taacuh udara kering dan hirau taacuh berhembus dari arah plato barat laut. Pada trend panas, udara yang berair dan hangat berhembus dari arah tenggara ke pedalaman daratan. Musim hirau taacuh berlangsung lebih usang dari pada trend panasnya. Namun, selama trend panas terjadi angin yang merusak, ibarat angin Taifun yang membawa curah hujan lebat. Hal tersebut sering menyebabkan kerusakan ahli setiap tahunnya di daerah-daerah pantai yang didatanginya.
 Secara astronomis wilayah Cina terletak diantara Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina
Sekian mengenai Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina, agar bermanfaat.
]]>