Langkah-langkah umum interpretasi foto udara / citra

Obyek – obyek geografi yang tergambar dalam citra adalah obyek – obyek geosfer yang meliputi atmosfer, litosfer, biosfer, dan antroposfer. Untuk mengenal obyek-obyek geografi yang tergembar dalam citra diperlukan langkah-langkah sebagai berikut.

Deteksi, pengamatan adanya suatu obyek. Misalnya, setelah diamati ternyata paa gambar sungai (dalam foto udara) terdapat obyek yang bukan air berada di sungai, seperti kapal, rakit dan lain sebagainya.
Identifikasi, upaya mencirikan obyek yang telah dideteksi dengan menggunakan keterangan yang cukup. Keterangan yang cukup itu meliputi bentuk, ukuran, dan letak obyek terebut.
Analisis, berdasarkan identifikasi dapat dianalisis bahwa apa yang terdapat di dalam citra berupa sungai dengan obyek bukan air, yaitu perahu dengan penumpang berjumlah beberapa orang. Pada tahap analisis ini, merupakan tahap penilaian atas pentingnya obyek yang dikenali.
Deduksi merupakan proses yang didasarkan pada bukti-bukti yang mengarah ke satu titik. Bukti-bukti yang mengarah ke satu titik diperoleh dari obyek yang tampak langsung pada foto udara. Untuk obyek yang luas dan tampak langsung pada tahap deduksi ini dapat merumuskan hipotesis kerja.
Deteksi berarti penentuan ada tidaknya sesuatu obyek ada citra ini merupakan tahapawal dari citra. Oleh karena itu,keterangan yang diperoleh pada tahap ini bersifat global. Pada tahap identifikasi, pengenalan obyek sudah lebih rinci, an pada tahap analisis, pengenalan obyek menjadi sangat rinci.
]]>