Kualitas penduduk menurut Pendapatan (Penghasilan)

Besarnya penghasilan dapat mempengaruhi taraf hidup seseorang. Makin tinggi penghasilan, makin tinggi pula taraf hidupnya. Taraf hidup suata negara dipengaruhi oleh pendapatan rata-rata per kapita negara tersebut. Pendapatan per kapita itu dipengaruhi oleh besar kecilnya pendapatan ekonomi nasional dalam satu tahun yang disebut GNP (Gross National Product) dan perkembangan jumlah penduduk. Untuk memperoleh pendapatan nasional per kapita atau pendapatan rata-rata per kapita setahun dapat digunakan rumus sebagai berikut.

Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP) adalah indeks yang menggambarkan tingkat kemakmuran suatu bangsa. Indeks adalah jumlah dari nilai/harga seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam tahun tertentu. GNP bila dibagi dengan jumlah penduduk, maka hasilnya menggambarkan rasio per kapita, artinya kekayaan rata-rata setiap orang di negara tersebut.
Rasio ketergantungan (dependency ratio) adalah suatu angka yang menunjukkan besar beban tanggungan atau besar angka ketergantungan dari kelompok usia produktif terhadap kelompok tidak produktif. Untuk menentukan besarnya rasio ketergantungan secara umum digunakan rumus sebagai berikut.
Makin besar rasio ketergantungan berarti makin besar beban tanggungan kelompok usia produktif.
]]>