Kualitas Lingkungan Hidup

Kualitas lingkungan hidup adalah kondisi lingkungan dalam hubungannya dengan kualitas hidup. Kualitas lingkungan hidup dapat diartikan sebagai derajat pemenuhan kebutuhan dasar dalam kondisi lingkungan tersebut.

Untuk mengubah keseimbangan lingkungan yang ada pada kualitas lingkungan yang rendah, hendaknya lingkungan tetap dapat mendukung kualitas hidup yang lebih tinggi. Hal yang harus dilestarikan adalah daya dukung lingkungannya, bukan keserasian dan keseimbangan lingkungan. Daya dukung yang berkelanjutan ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut.
a. Biofisik, yaitu proses ekologi yang merupakan sistem pendukung kehidupan dan keanekaragaman jenis yang merupakan sumber daya. Contohnya:
  1. hutan berfungsi sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis tumbuh- tumbuhan, yaitu menghasilkan oksigen untuk pernafasan kita;
  2. hutan juga berfungsi hidro-orologi, yaitu melindungi tata air dan tanah dari erosi;
  3. hutan bakau melindungi pantai dari abrasi laut;
  4. serangga yang menguntungkan, misalnya lebah yang dapat menghasilkan madu dan ulat sutera yang menghasilkan benang sutera;
  5. cacing dapat merombak tumbuh-tumbuhan busuk menjadi humus.
Keanekaragaman jenis yang merupakan sumber daya adalah faktor dalam daya dukung berkelanjutan. Misalnya, bunga anggrek yang dibudidayakan dapat dikomersialkan.
b. Sosial budaya, yaitu faktor yang sangat menentukan daya dukung, sebab manusialah yang menentukan apakah pembangunan akan terus berjalan atau berhenti.
Faktor yang tidak mendukung, misalnya pemberontakan, korupsi, menurunnya moralitas, menurunnya semangat bekerja. Demikian juga kemelaratan merupakan hambatan dalam pembangunan. Faktor sosial- budaya (seperti seni dan ilmu) serta agama merupakan faktor yang dapat mendukung pembangunan nonmateri.
Kesimpulannya, bukan hanya pembangunan materiil yang penting, pembangunan nonmateriil pun harus mendapat perhatian yang khusus.
c. Ekonomi, yaitu faktor yang mendapat perhatian seperlunya karena semua orang sadar bahwa pembangunan tidak mungkin berhasil apabila faktor ekonomi tidak mendukung. Jelaslah bahwa agar kesinambungan pembangunan yang berkelanjutan tercapai, faktor lingkungan sosial- budaya dan ekonomi sangatlah penting.
Penggunaan teknologi memacu pertumbuhan ekonomi. Pertum- buhan ekonomi menjadi umpan balik untuk penelitian dan pengem- bangan teknologi sehingga kedua faktor ini saling memacu perkem- bangannya. Dengan teknologi yang tinggi, suatu negara dapat mengejar pertumbuhan ekonomi yang setinggi-tingginya.
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>