Kerusakan Flora dan Fauna serta Dampaknya Terhadap Kehidupan

Setiap tumbuhan dan hewan senantiasa berjuang agar dapat bertahan hidup. Bila tumbuhan dan hewan tidak mampu bertahan menghadapi kondisi fisik, maka mereka akan punah

1. Penyebab Kerusakan Flora dan Fauna
Kerusakan flora maupun fauna dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya adanya perusahaan atau pencemaran lingkungan menyebabkan terganggunya kelestarian flora dan fauna itu. Sebagaimana diketahui bahwa setiap hewan dan tumbuhan menurut syarat tertentu untuk dapat hidup dan tumbuh. Bila persyaratan itu tidak dapat terpenuhi maka spesies pasti akan mati. Kerusakan habitat ini dapat disebabkan oleh proses alamiah dan ulah manusia. Proses alamiah yang terjadi dapat berupa perubahan kemampuan adaptasi terhadap kondisi lingkungan. Kerusakan yang disebakan oleh ulah manusia biasanya terjadi dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhannya atau keinginanan manusia untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya sehingga manusia mengeksploitasi flora dan fauna tanpa pertimbangan yang matang.
Disisi lain luas hutan dari tahun ke tahun juga berkurang. Penyebab berkurangnya luas hutan adalah penebangan kayu , bencana alam, konversi hutan menjadi lahan pertanian atau perkebunan perkembangan proyek-proyek pertambangan dan penyakit tanaman.
Hutan memiliki fungsi yang banyak sekali. Berikut akan diuraikan manfaat hutan bagi manusia:
  • Hutan merupakan penghasil oksigen atau zat asam. Zat ini mutlak dibutuhkan manusia pada setiap saat
  • Hutan dapat membentuk humus. Humus merupakan sisa tanaman yang telah terurai sehingga menyediakan berbagai zat yang penting bagi kesuburan tanah.
  • Hutan dapat menjadi pelindung atau tempat hidup berbagai satwa dan tumbuhan lain.
  • Hutan dapat mencegah erosi dan banjir.
  • Hutan merupakan Sumber Daya Ekonomi. Berbagai produk komoditas hutan sangat dibutuhkan manusia antara lain kayu, rotan, getah, minyak kayu putih, damar,maau, dan sebagainya.
  • Hutan menjadi pengatur peredaran air tanah.
2. Manfaat Flora dan Fauna Bagi Kehidupan Manusia
Tumbuh-tumbuhan merupakan satu-satunya sumber pokok penghasil oksigen yang ada dipermukaan bumi. Sementara itu manusia dan hewan mutlak membutuhkan oksigen untuk bernafas.
a. Manfaat Tumbuhan
Tumbuhan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia karena tumbuh-tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Manusia mendapatkan makanan dari tumbuh-tumbuhan baik secara langsung maupun tidak langsung. Manusia dan hewan tidak akan dapat hidup jika tidak mengkonsumsi makanan yang dihasilkan tumbuhan.
Tumbuhan di permukaan bumi juga bermanfaat untuk mencegah erosi tanah. Dengan adanya berbagai tumbuhan penutup permukaan tanah, maka sebagian besar air hujan akan meresap ke dalam tanah sehingga menjadi cadangan air tanah pada musim kemarau.
Dalam bidang kesehatan tumbuhan sebagai sumber obat-obatan seperti kina, jahe, mengkudu. Antibiotik yang sangat penting bagi dunia kedokteran ternyata juga diproduksi dari berbagai macam lumut, bakteri ganggang.
b. Manfaat Hewan
Manfaat penggunaan hasil hewan sebagai bahan makanan, sapi dan kerbau berguna pula sebagai penarik bajak. Hal ini merupakan manfaat secara langsung. Sering juga binatang itu memberikan manfaat secara tidak langsung. Contohnya ular merupakan pemangsa tikus sehingga keberadaan ular dapat mengendalikan populasi tikus.
]]>