Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk atau densitas penduduk ialah perbandingan rata-rata antara jumlah penduduk di suatu daerah dengan luasnya daerah tersebut dihitung setiap km2, sedangkan kepadatan penduduk agraris, yang dihitung hanya penduduk petaninya saja dan tanah yang dihitung hanya tanah yang produktif. Jadi, lahan tidur, lapangan udara, dan sungai tidak dihitung.

Contoh: Kepadatan penduduk di suatu daerah jumlah penduduknya 20.000 jiwa, luas daerah 50 km2 maka kepadatan penduduk daerah itu =
clip_image002
Kepadatan penduduk agraris, misalnya dari jumlah penduduk tersebut di atas jumlah petaninya hanya 5.000 orang, sedangkan tanah pertanian yang produktif hanya 20 km2 maka kepadatan penduduk agraris di daerah itu clip_image004
Beberapa pengertian tentang kepadatan penduduk sebagai berikut.
  1. Kepadatan penduduk absolut atau mutlak, ialah keadaan negara/daerah yang sebagian besar penduduknya masih sulit mencukupi kebutuhan pokoknya, biasanya melanda negara yang sedang berkembang dan negara miskin.
  2. Kekurangan penduduk, terjadi bila suatu negara jumlah penduduk sede- mikian kecilnya sehingga sulit untuk mengolah kekayaan alam guna mencukupi kebutuhan hidupnya. Jadi, baik kepadatan penduduk dan kekurangan penduduk sama-sama kurang menguntungkan bagi negara.
  3. Kepadatan penduduk optimum, yaitu kepadatan penduduk yang sebaik- baiknya. Jumlah penduduk yang ada di negara itu cukup untuk mengolah kekayaan alam yang ada di negaranya guna mencukupi kebutuhan hidup.
sumber :
Soegimo, Dibyo dan Ruswanto. 2009. Geografi : untuk SMA/ MA Kelas XI. Jakarta. CV Mefi Caraka
]]>