Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Jenis-jenis sumber daya alam di Indonesia sangat beragam, baik itu sumber daya alam yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui.

1. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Pada dasarnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah apabila sudah digunakan dapat dimanfaatkan kembali dengan jalan perbaikan sistem . Misalnya, lahan pertanian diperbarui dengan jalan pemupukan, mekanisasi, dan sebagainya. Dalam hal ini akan dibahas jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui, meliputi pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.
2. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui setelah digunakan tidak dapat terbentuk kembali. Pembentukan sumber daya alam yang baru memerlukan waktu sampai ratusan tahun, ribuan tahun, bahkan jutaan tahun. Jenis-jenis daya alam yang tidak dapat diperbarui yang akan dibahas adalah dua jenis, yaitu sumber daya energi yang meliputi minyak bumi, gas bumi, batu bara, panas bumi dan sumber daya mineral yang meliputi mineral logam, yaitu bijih besi, timah putih, bauksit, nikel, emas, perak, tembaga, mangan, serta mineral bukan logam, yaitu intan, batu kapur (gamping), batu pualam (marmer), belerang, fosfat, aspal alam, pasir dan batu (sirtu).
A. Sumber Daya Energi
B. Sumber Daya Mineral
Sumber daya mineral di Indonesia dibedakan menjadi dua, yaitu min- eral logam dan mineral bukan logam.
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>