Jenis Flora dan Fauna yang Dilindungi dan Upaya Pelestariannya

Berdasarkan tingkat kecepatan perusakan hutan dan ekosistemnya, pada saat ini daerah di luar Pulau Jawa yang memerlukan prioritas perhatian dalam perlindungan flora dan fauna adalh Pulau Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 421/kpts/um/1970 dan Keputusan Menteri Pertanian No. 327/kpts/um/1972 satwa yang dilindungi antara lain hariamau sumatra, harimau jawa, macan kumbang, jalak bali, burung gosong, burung maleo, monyet hitam sulawesi, kakaktua hitam, kakatua putih besar, rusa bawean, kanguru pohon, beo mas, burung kasuari, bajing tanah, kelinci sumatra, musang air, itik liar, mandar sulawesi, duyung, nori merah kucing hitam, hariamu dahan, malu-malu, ikan pesut, dan lumba-lumba laut.
Untuk melindungi hewan dan tumbuh-tumbuhan dari kepunahan maka pemeriontah telah mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa. Cagar alam atau suaka alam adalah suatu daerah tempat perlindungan flora, fauna, tanah, dan batuan yang terdapat di daerah tersebut.
Suaka margasatwa adalah rtempat perlindungan jenis-jenis hewan tertentu agar terhindar dari kepunahan. Beberapa cagar alam dan suaka margasatwa yang terdapat di Indonesia di antaranya berikut ini :
a. Pulau Jawa
1. Cagar alam Ujung Kulon di Banten untuk tempat perlindungan banteng, badak bercula satu, burung merak, rusa, dan buaya.
2. Cagar alam Pangandaran untuk tempat perlindungan banteng.
3. Cagar alam Gunung Gede di Bogor untuk tempat perlindungan kijang dan rusa.
4. Suaka margasatwa Baluran dan Meru Betiri di Banyuwangi, Jawa Timur untuk melindungi banteng, kerbau liar, harimau jawa, dan rusa.
5. Cagar alam Pulau Dua untuk tempat perlindungan burung-burng laut.
6. Cagar alam Cibodas di Cianjur, Jawa Barat sebagai daerah cadangan hutan di daerah ini banyak turun hujan.
7. Cagar alam Arjuno Lalijiwo di Jawa Timur sbagai tempat perlindungan flora alpina dan cemara.
b. Pulau Sumatra
1. Suaka margasatwa Gunung leuser di Aceh untuk melindungi orang utan, badak, gajah, dan harimau suamtra.
2. Cagar alam Limbo Panti di Sumatra Barat sebagai suaka untuk tapir dan siamang.
3. Cagar alam Raflessia Arnoldi di Bengkulu untuk melindungi bunga raflessia arnoldi.
4. Suaka margasatwa Pulau Siberut, way Kambas, dan Gunung Sakincao adalah untuk hariamu, tapir, beruang, rusa, kera, badak, dan gajah sumatra.
c. Pulau Kalimantan
Suaka margasatwa yang ada di Kalimantan adalah terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara di antaeanya Pulau Komodo dan Pulau Rinca sebagai tempat perlindungan hewan komodo, kerbau liar, dan kuda liar.
d. Pulau Sulawesi
Suaka margasatwa yang ada adalah di Dumoga Bone dan Gunung Tangkoko di ujung utara sebagai tempat untuk hewan anoa, babi, rusa, dan kuskus.
e. Kepulauan Maluku
1. Suaka margasatwa Wae Nua sebagai tempat suaka untuk burung kasuari.
2. Suaka margasatwa Pulau Baun di Kepulauan Aru sebagai tempat suaka untuk burung cendrawasih.
]]>