Jenis dan Persebaran Hutan di Indonesia

Luas wilayah hutan di Indonesia sekitar 112 juta hektar atau lebih kurang 57% dari luas dataran Indonesia. Luas hutan di beberapa pulau di Indonesia : Pulau Jawa dan Madura sekitar 22%, Sumatera 62%, Sulawesi 70%, Kalimantan 80%, dan Papua 90%.

Berikut pembagian jenis hutan di Indonesia dan beberapa daerah persebarannya:
a. Hutan Hujan Tropis
Hutan jenis ini terdapat didaerah hujan tropis yang curah hujannya tinggi sepanjang tahun. Keadaan curah hujan, kesuburan tanah, dan suhu selalu berbeda-beda disetiap dareah karena akibat dari letak astronomis dan geografis suatu daerah. Di Indonesia hutan hujan tropis tersebar di Sumatera, Kalimantan, Papua, Jawa, Sulawesi Utara dan Maluku Utara.
Ciri-ciri hutan hujan tropis antara lain:
  • Pohon rapat, tinggi, dan berdaun lebar.
  • Selalu hijau diselimuti jenis apifit, pohon palem dan lumut.
  • Tedapat disekitar Khatulistiwa yaitu 10° LU-10° LS dengan curah hujan yang tinggi.
b. Hutan Musim
Terdapat di wilayah yang mempunyai pergantian musim kering dan hujan yang nyata, serta jenis tumbuhan yang terdapat di dalamnya biasanya sejenis, misalnya hutan jati atau hutan mahoni.
Ciri-ciri hutan musim antara lain:
  • Pohon lebih jarang dibandingkan dengan hutan hujan tropis.
  • Banyak pohon yang daunnya rontok pada musim kemarau, contoh hutan Jati.
  • Terdapat pohon yang lebih rendah dari hutan hujan tropis.
c. Hutan Bakau
Hutan bakau terdapat di daerah dataran rendah biasanya di pantai. Daerah persebarannya meliputi pantai utara Jawa, pantai timur Sumatera dan Riau. Manfaat Mangrove adalah sebagai bahan untuk membuat arang, korek api, tusuk gigi, pelindung pantai dari abrasi, dsb.
d. Hutan Sabana
Sabana merupakan padang rumput yang di selingi semak-semak. Daerah ini mengalami musim kemarau yang panjang dan bersuhu panas. Di Indonesia terdapat di Nusa Tenggara, Madura, dan Dataran Tinggi Gaya.
]]>