Identifikasi Bentang Alam Melalui Citra Penginderaan Jauh

Mengenal bentang alam melalui citra penginderaan jauh antara lain :

a. Garis pantai, dikenal dengan batas pantai tidak teratur dan berlekuk-lekuk. Permukaan air laut sepanjang pantai mempunyai rona tekstur yang jelas. Rona air yang gelap pada pantai menandai air yang cukup tenag dan dalam.
b. Sungai, dikenal dengan tekstur dan rona permukaan air yang seragam dan kontras terhadap lingkungan sekitarnya. Arah sungai dapat dikenal dengan lebar sungai yang makin lebar ke arah muara.
c. Delta, dikenal sebagai endapan terhadap ujung aliran dekat muara di laut atau danau. Bentuk ukuran berbeda-beda tergantung jenis batuan, kecepatan aliran air, dan musim. Pada permukaan air sungai dan permukaan air laut, rona dan teksturnya jelas terlihat.
d. Mata air, ditandai dengan adanya awal dari sungai besar, dengan volume air yang berbeda pada suatu sungai.
e. Hutan bakau, dikenal dengan rona hitam,ketinggian pohon seragam, tumbuh pada pantai becek dengan air payau.
f. Hutan rawa, dikenal dengan rona dan tekstur yang tak seragam ketinggian pohon yang berbeda-beda dan tampak perairan di dekatnya.
g. Nipah, dikenal dengan rona terang dan seragam. Tumbuh berdekatan di tepi pantai dan akarnya masuk dalam air payau.
h. Rawa, dikenal dari rona dan teksturnya yang jelas sekali, dan batasnya tidak teratur.
i. Kipas alluvial,dikenal dengan bentuknyayang seperti kipas, permukaanya halus, ada kemiringan dengan bagian atas relatif curam. Ronanya putih sampai sampai kelabu putih.
j. Gumuk pasir, dikenal dengan bentuknya yang spesifik, yaitu sempit, memanjang, lurus, atau sedikit melengkung dengan igir-igir rendah dan permukaan igir datar, sejajar satu sama lain dan sejajar pantai.
k. Sandstone (batu pasir), dan konglomerat, dapat dikenal karena topografinya yang menonjol karena daya tahanya yang besar terhadap pelapukan dan erosi serta banyak retakan .
l. Sagu , dikenal dengan rona yang gelap, tumbuh berkelompok dengan ketinggian yang berbeda.
m. Hutan musim, dikenal dengan daun yang sering gugur selama musim kemarau, sehingga kelihatan gundul. Pohon-pohonnya lebih kecil dibandingkan hutan rimba.
n. Hutan lumut,dikenal dengan rona terang dan tumbuh pada ketinggian diatas 1500 m.
o. Hutan bambu, dikenal dengan daunya yang jarang dan bentuknya seperti bulu, serta tumbuhnya berkelompok.
]]>