SIRKUM PEGUNUNGAN di Dunia

Mediterania bermula di sekitar Laut Mediterania (Laut Tengah) meliputi pegunungan Atlas, pegunungan Pirene, Apenian, Alpina, Karpatia, Anatolia, Kaukakus, Himalaya, Arakan Yoma dan bersambung dengan busur luar kepulauan Indonesia. Sirkum Mediterania berakhir di Lut Banda.

Sirkum Pasifik merupakan pegunungan lipatam muda yang terbentuk pada zaman tertier. Sirkum ini mulai dari pegunungan Andes di Amerika Selatan, Sierra Madre, Rocky, Kep. Aleut, Semenanjung Kamchatka. Kepulauan Jepang, Taiwan, Filipina, Sangir Talud, Sulawesi Utara, Halmahera, Irian, Selandia baru, Samudra Pasifik, sirkum pasifik berakhir di Pegunungan Andes. Daerah yang dilalui sirkum ini menjadi daerah yang rawan gempa. Kepulauan Indonesia terletak di Jalur pertemuan antara Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Kepulauan Indonesia seringkali disebut busur kepulauan gunung api (vulcano island arc). Kepulauan Indonesia terbentuk akibat adanya tumbukan Lempeng Filipina dengan Lempeng Indo-Australia. Akibatnya wilayah Indonesia (teritama pulau Jawa dan Sumatera) berada di jalur gempa dan memiliki banyak gunung berapi.
Indonesia memiliki sekitar 129 buah gunung api yang terbagi dalam tiga kelompok, yaitu gunung api aktif, gunung api istirahat, dan gunung api yang sudah tidak aktif. Indonesia memiliki sekitar 80 gunung api aktif yang terbesar di sepanjang jalur gunung api Indonesia. Adapun persebaran gunung api di Indonesia adalah di Sumatera (12 buah), Jawa (21 buah), Bali (2 buah), Nusa Tenggara (20 buah), Laut Banda (9 buah), Sulawesi Utara (6 buah), Singihe (5 buah), dan Halmahera (5 buah). Rangkaian gunung berapi di Indonesia tersebar dalam bentuk garis lengkung, dari pulau We sampai Maluku dan dari Sulawesi sampai kepulauan Sangir-Talaud. Gunung api di Indonesia tidak hanya terletak di daratan tetapi juga di lautan. Misalnya, Gunung Krakatau yang menyebabkan gelombang Tsunami hebat pada saat meletus tahun 1883.
]]>

Baca Juga :   Pengertian Tenaga Endogen dan Jenisnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here