Prinsip-Prinsip Geografi

Prinsip geografi menjadi dasar pada uraian, pengkajian, pengungkapan gejala, variabel, faktor, dan masalah geografi. Prinsip geografi ada 4, yaitu sebagai berikut.

1. Prinsip Persebaran (Distribusi)
Persebaran gejala dan fakta tidak merata dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kemudian kita gambarkan dan ungkapkan persebaran gejala dan fakta dalam ruang atau wilayah. Dengan demikian, kita dapat mengungkap- kan hubungan satu sama lainnya.
2. Prinsip Interelasi (Hubungan)
Setalah kita mengetahui persebarannya dalam ruang atau wilayah, kita akan mengungkapkan hubungan antara satu faktor dengan yang lainnya. Yaitu, hubungan antara faktor fisis dengan faktor fisis; faktor manusia dengan faktor manusia; dan faktor fisis dengan faktor manusia. Akhirnya, kita dapat mengetahui karakteristik gejala atau fakta geografi di suatu wilayah.
3. Prinsip Deskripsi (Menjelaskan) atau Eksplanasi
Prinsip ini memberikan gambaran tentang gejala dan masalah yang dipelajari. Pelaksanaannya dapat melalui kalimat, peta, grafik, diagram, dan tabel. Deskripsi tersebut memberikan penjelasan tentang apa yang kita pelajari dan selidiki.
4. Prinsip Spasial (Keruangan)
Prinsip ini meninjau gejala, fakta, dan masalah geografi dalam perse- barannya, interelasinya, dan interaksinya dalam ruang. Ruang adalah bagian permukaan bumi, baik keseluruhan maupun hanya sebagian, termasuk juga:
  • atmosfer paling bawah (troposfer) yang berpengaruh terhadap permukaan bumi;
  • litosfer (lapisan batuan) sampai kedalaman tertentu;
  • hidrosfer, yaitu air di permukaan bumi (air laut dan air di darat) dan air tanah;
  • organisme (makhluk hidup), flora, fauna, dan manusia di permukaan bumi.
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 1 : Kelas X SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>

Baca Juga :   Periode Perkembangan Paradigma-paradigma Tradisional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here