POLA PERSEBARAN DESA

Berdasarkan aspek geografi, pola desa dapat ditinjau dari dua segi.

a. SEGI SOSIAL EKONOMI TERDIRI ATAS:
  1. pola tertutup (isolated/closed),
  2. pola sedikit banyak tertutup (more or les closed),
  3. pola terbuka.
b. SEGI FISIK TERDIRI ATAS:
  1. pola tersebar (scattered/fragmented) dan
  2. pola memusat (nucleated/compact).
Di Indonesia pada umumnya permukiman penduduk desa bentuknya mengelompok, kecuali di daerah karst dengan tingkat kesuburan tanah yang sangat kurang dan bentuk
topografinya sangat buruk sehingga pola permukiman penduduk menyebar. Untuk daerah transmigrasi pada umumnya pola permukimannya menyebar yang mengarah pada taraf perkembangan memusat.
Faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap pola menyebar, yaitu sebagai berikut:
  1. Daerah-daerah banjir dapat menjadi pemisah antar rumah.
  2. Daerah-daerah dengan topografi kasar menyebabkan pola permukiman penduduk menyebar.
  3. Permukiman air tanah yangdangkal memungkinkan pembuatan sumur di manamana sehingga rumah-rumah dapat didirikan dengan permukaan yang bebas.
Menurut Drs. Jefta Leibo, dalam bukunya Sosiologi Pedesaan dikatakan bahwa Tipologi desa berdasarkan pola permukimannya dikelompokan sebagai berikut.
a. Farm Village Type
Suatu desa tempat orang berdiam bersama dalam suatu tempat, dengan sawah ladang berada di sekitarnya. Tipologi seperti ini kebanyakan terdapat di Asia Tenggara termasuk Indonesia, khususnya Pulau Jawa dengan ciri masyarakatnya adalah sifat gotong royong yang kuat.
b. Nebulous Farm Village Type
Suatu desa tempat sejumlah orang berdiam bersama dalam suatu tempat, sebagian menyebar di luar tempat tersebut bersama sawah dan ladang mereka. Tipologi semacam ini banyak ditemui di Asia Tenggara termasuk Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan dan Pulau Jawa yang faktor tradisi dan kegotong-royongannya masih kuat.
c. Arranged Isolated Farm Type
Suatu desa tempat orang-orang berdiam di sekitar jalan-jalan yang berhubungan dengan pusat perdagangan dan selebihnya adalah sawah dan ladang mereka. Tipologi semacam ini kebanyakan terdapat di negara-negara barat yang tradisinya kurang kuat, sifat individualistis sangat menonjol, dan lebih tampak padasektor perdagangan.
d. Pure Isolated Farm Type
Suatu desa tempat orang berdiam tersebar bersama sawah dan ladangnya. Tipologi semacam ini banyak terdapat di negara- negara barat dengan orientasi produksi perdagangan dan keadaan individualistis.
]]>

Baca Juga :   Perekonomian Negara Brazil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here