Peranan SIG dalam Pembangunan Data Wilayah

Kegiatan pembangunan dan penanganan data wilayah perlu mendapat perhatian yang lebih besar dan memerlukan pengelolaan yang profesional. Permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan data wilayah, antara lain

1. biaya untuk pengumpulan data cukup mahal,
2. berbagai perencanaan menuntut tersedianya data dan informasi secara cepat, akurat, dan integrasi,
3. terpencarnya data dari berbagai instansi yang umumnya sistem penyimpanannya belum dikelola dengan baik.
Sebelum berkembangnya teknologi komputer, data wilayah pada umumnya tersimpan dalam bentuk tabel, grafik, peta, foto udara, dan deskripsi. Analisis, manipulasi, dan presentasi data dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak. Dengan adanya sistem informasi geografi terkomputerisasi, penyimpanan dan pengelolaan data dapat dilakukan lebih cepat dan efisien. Namun demikian, cara manual bukan berarti tidak dipakai atau ditinggalkan.
Berkembangnya sistem informasi geografi yang menggunakan media komputer dapat dimanfaatkan untuk membantu memecahkan masalah yang muncul dalam penggunaan data wilayah. Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan memerlukan informasi yang benar, tepat waktu, dan tepat lokasi. Dengan sistem informasi geografi, maka informasi dan data kewilayahan akan mudah diakses, ditayangkan secara visual (display), diperbarui, dan dianalisis sehingga bermanfaat bagi para penentu kebijakan.
Berikut beberapa informasi kewilayahan
1. Litosfer (batuan).
2. Pedosfer (tanah).
3. Hidrosfer (air).
4. Atmosfer (udara).
5. Biosfer.
6. Antroposfer.
Data atau informasi kewilayahan dalam sistem informasi geografi disimpan dan dikelola dalam suatu basis data (database) seterusnya akan dilakukan analisis, sintesis, serta simulasi dengan berbagai macam teknik, seperti scanningmatching, dan overlay kemudian dimanfaatkan oleh penentu kebijakan dan para perencana (planner) dalam kegiatan pembangunan dan perencanaan wilayah.
]]>

Baca Juga :   PENGERTIAN PENGINDERAAN JAUH MENURUT BEBERAPA AHLI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here