Penjelasan Lengkap Lapisan Atmosfer

Atsmosfer disusun oleh berbagai gas, di antaranya ± 78 % nitrogen (N2), 21% oksigen (O2); 0,03 % karbon dioksida (CO2), dan uap air (H2O) yang menempati 99,997 % volume atmosfer pada ketinggian sampai 90 km. Gas-gas dalam atsmosfer bercampur dengan perbandingan konstan paling sedikit pada ketinggian sampai 50 km. Lapisan- lapisan atsmosfer adalah sebagai berikut.

a. Troposfer
Troposfer merupakan lapisan udara paling bawah yang memiliki ketebalan berbeda-beda. Di khatulistiwa ketebalannya ± 16 km, di daerah sedang 11 km, dan di daerah kutub 8 km.
Pada lapisan ini terjadi angin, awan, hujan, dan konveksi yang mempunyai kepentingan langsung bagi manusia dan lingkungannya. Sifat khas troposfer adalah menurunnya temperatur secara teratur sesuai dengan tinggi tempat mencapai -57°C hingga -62°C. pengaruh terbesar bagi manusia dan kehidupan yang lain berasal dari lapisan troposfer. Pada lapisan itulah cuaca selalu berubah.
b. Stratosfer
Stratosfer adalah lapisan udara di atas troposfer yang menunjukan perubahan temperatur yang kecil ke arah vertikal. Lapisan ini berada pada ketinggian 15 – 55 km dan merupakan daerah konsentrasi ozon dengan konsentrasi terbesar pada ketinggian 22 km. Lapisan ozon berfungsi sebagai proteksi (pelindung) bagi troposfer dan makhluk hidup di permukaan bumi dari radiasi sinar ultraviolet matahari. Penipisan lapisan ozon seperti yang terjadi dewasa ini dapat mengubah iklim dan selanjutnya mempengaruhi kehidupan di permukaan bumi. Antara troposfer dan stratosfer terdapat lapisan peralihan yang disebut tropopause.
c. Mesosfer
Mesosfer adalah lapisan udara di atas stratosfer. Temperatur di lapisan ini mula-mula naik kemudian turun dan mencapai minimum mendekati lapisan mesopause. Lapisan ini berada pada ketinggian 50 km – 80 km. Pada lapisan ini sebagian meteor terbakar dan terurai. Antara stratosfer dan mesosfer terdapat lapisan stratopause.
d. Termosfer
Termosfer adalah lapisan udara di atas mesosfer. Pada lapisan ini temperatur naik lagi sampai 1010°C pada ketinggian yang belum pasti. Lapisan bagian bawah dari lapisan termosfer disebut ionosfer. Pada ketinggian 75 – 375 km, gas-gas mengalami ionisasi dan lapisan ini juga berperan dalam persebaran gelombang radio. Antara mesosfer dan termosfer terdapat lapisan mesopause.
Pada hakikatnya angka-angka di atas tidaklah pasti, tetapi perbedaan susunan unsur pembentuk udara pada lapisan yang berbeda terdapat juga perbedaan suhu dan tekanan udara.
]]>

Baca Juga :   5 Manfaat iklim bagi kehidupan manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here