Pengertian Wilayah oleh Para Ahli Geografi

Apa yang dimaksud wilayah? Dalam kenyataan sehari-hari, seringkali kita sulit membedakan antara pengertian wilayah, daerah, kawasan, zone, area, atau istilah lainnya yang memiliki pengertian kurang lebih sarha. Salah seorang pelopor dalam ilmu wilayah, seperti Walter Isard pun, tidak secara tegas mau menyatakan apa yang dimaksud dengan “wilayah” pada ilmu tersebut. Saat ini pengertian wilayah pada ilmu wilayah bisa diartikan sebagai satu pulau, satu wilayah administrasi seperti provinsi, kabupaten, atau kecamatan.

Dalam geografi, seperti yang dikemukakan oleh I Made Sandy, wilayah adalah produk akhir dari analisis. Bagian muka bumi yang dijadikan objek analisis ada yang disebut “area” atau “geomer” dan dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai “daerah”. “Daerah” itulah yang dianalisis untuk kemudian dibuat “pewilayahannya” atas dasar persyaratan-persyaratan tertentu.
Jika kita menelaah suatu daerah atas dasar persyaratan atau kriteria tertentu, maka pada suatu daerah tersebut akan muncul kenampakan kesamaan tertentu pula. Kesamaan tersebut, baik yang terbentuk dari unsur alam atau fisik, unsur manusia maupun hasil interaksi keduanya, akan membentuk suatu wilayah yang dapat dibedakan dengan wilayah-wilayah lainnya yang memiliki ciri berbeda. Wilayah yang memiliki ciri khas tersebut dalam geografi disebut region.
Wilayah geografi atau region dapat meliputi wilayah berdasarkan unsur fisik. Misalnya, wilayah geologi (geological region), wilayah jenis tanah (soil region), wilayah iklim (climatic region), wilayah vegetasi (vegetation region), wilayah berdasarkan unsur sosial budaya manusia seperti wilayah bahasa (linguistic region), wilayah ekonomi (economic region), wilayah sejarah (historical region), dan wilayah politik (political region) seperti negara-negara di dunia.
Berdasarkan pengertian di atas, wilayah dapat pula dibedakan atas wilayah menurut pengertian internasional dan wilayah menurut pengertian internasional.
Menurut pengertian internasional wilayah dapat meliputi beberapa negara yang mempunyai kesatuan alam dan kesatuan manusia. Misalnya, wilayah Asia Tenggara, wilayah Asia Timur, wilayah Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa Barat, dan Eropa Timur. Adapun menurut pengertian nasional wilayah merupakan sebagian dari negara, tetapi bagian tersebut mempunyai kesatuan alam dan kesatuan manusia. Misalnya, pantai timur Sumatera, pantai utara Jawa, atau dataran tinggi Bandung.
Berkaitan dengan pengertian wilayah adapula yang disebut “kawasan”. Kawasan merupakan bagian dari wilayah yang digunakan untuk suatu fungsi tertentu. Misalnya, dalam suatu wilayah pedesaan terdapat kawasan perkampungan, kawasan pertanian, dan kawasan kehutanan. Demikian pula pada wilayah perkotaan terdapat kawasan permukiman, kawasan perkantoran, kawasan perniagaan, kawasan industri, dan kawasan rekreasi.
]]>

Baca Juga :   6 Dampak Perkembangan Transportasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here