Pengertian Lingkungan Hidup

Manusia hidup dimuka bumi ini tidak sendirian, melainkan bersama makhluk lain, yaitu tumbuhan, hewan, dan jasad renik. Keberadaan makhluk hidup yang lain itu tidak pasif terhadap manusia, tetapi hidup manusia berhubungan erat dengan mereka. Manusia bersama makhluk hidup yang lain menempati suatu ruang tertentu. Selain makhluk hidup, didalam ruang tersebut juga terdapat makhluk tak hidup yang terdiri dari bermacam-macam gas, air dalam bentuk uap, cair dan padat serta tanah dan batu.

Lingkungan hidup dapat diartikan sebagai kesatuan ruang dengan benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. Lingkungan Hidup Alamiah
Lingkungan hidup alamiah yaitu suatu sistem yang amat dinamis yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan makhluk hidup dan komponen-komponen abiotik lainnya tanpa adanya campur tangan manusia.
clip_image002
Gambar 1.1
Suksesi menjadi ciri adanya interaksi di lingkungan hidup alamiah.
Sumber: Geosystem, an Introduction to Phisical Geography, 2003.
Salah satu contoh lingkungan hidup alamiah adalah hutan primer. Di dalam hutan alamiah terjadi interaksi antar komponen lingkungan, pertukaran energi dengan materi serta pergantian (suksesi) komunitas tumbuhan dan hewan sebagai respon terhadap perubahan lingkungan yang ditimbulkan oleh peristiwa alam antara lain gempa bumi, kebakaran hutan, banjir dan perubahan iklim.
2. Lingkungan hidup Binaan
Lingkungan hidup binaan adalah lingkungan hidup alamiah yang sudah didominasi oleh kehadiran manusia. Lingkungan hidup binaan selalu ditandai oleh adanya limbah yang berdampak langsung atau tidak langsung bagi kehidupan manusia baik dampak fisik maupun sosial.
Lingkungan hidup binaan bersifat labil karena tingkat heterogenitas organisme hidup di dalamnya rendah. Oleh karena itu, untuk mempertahankan bentuk lingkungan hidup tersebut perlu diberi bantuan energi dari luar oleh manusia. Contoh lingkungan hidup binaan adalah sawah dan tempat wisata pantai.
clip_image005
Gambar 1.2
Contoh lingkungan hidup binaan.
Sumber: Alam Asri Indonesia, 1986
]]>

Baca Juga :   Aktivitas Pertanian YANG DAPAT MENCEMARI LAUT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here