Pengertian Industri

Industri adalah bagian dari proses yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan baku menjadi barang jadi. Apakah perbedaan bahan mentah, bahan baku, dan barang jadi? Bahan mentah adalah bahan yang diperoleh dari sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam usaha industri. Contohnya, getah karet untuk industri ban. Bahan baku adalah bahan mentah yang sudah diolah, tetapi belum menjadi barang jadi. Misalnya getah karet menjadi karet remas. Getah remas itulah yang disebut bahan baku. Barang jadi adalah hasil industri yang sudah siap untuk dipakai masyarakat, misalnya sepatu, ban mobil, dan sebagainya.

Perindustrian adalah kegiatan industri secara mekanik ataupun kimia, termasuk reparasi dan asembling atau perakitan. Contoh penggolongan secara mekanis adalah penggilingan padi. Contoh penggolongan secara kimia adalah industri obat-obatan.
clip_image001
Gambar 2.1 Proses industri terjadi dari interaksi sumber daya manusia terhadap sumber daya alam melalui keahlian.
Bahan-bahan yang diolah dalam kegiatan industri berupa bahan mentah. Bahan-bahan itu merupakan bahan organik dan anorganik berasal dari produksi primer yang disebut bahan mentah, misalnya, karet, kulit, kayu, ikan, dan aluminium. Hasil pengolahan industri yang berupa barang baru disebut barang jadi. Misalnya tas, ban mobil, ikan dalam kaleng, gelas, piring, dan lain-lain.
Dewasa ini negara Indonesia sedang memperbanyak dan menggalakkan perindustrian. Penggalakan kegiatan industri itu sering disebut dengan industrialisasi. Dengan industrialisasi beberapa keuntungan berikut dapat dicapai.
  • Memperbesar kegunaan bahan mentah. Jadi semakin banyak bahan mentah yang diolah dalam perindustrian, semakin besar pula manfaat yang diperoleh.
  • Memperluas lapangan pekerjaan.
  • Menambah penghasilan penduduk, sehingga menambah kemakmuran.
  • Mengurangi ketergantungan Indonesia pada luar negeri.
  • Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menghasilkan aneka barang yang diperlukan oleh masyarakat.
  • Kegiatan ekonomi menjadi lebih leluasa karena tidak semata-mata tergantung pada lingkungan alam.
  • Menambah devisa negara.
Untuk dapat melaksanakan industrialisasi, secara umum dibutuhkan beberapa syarat. Syarat-syarat berikut ini berlaku untuk setiap jenis industri.
  • Tersedianya bahan mentah (dasar) dan sumber tenaga alam maupun manusia.
  • Tersedianya tenaga yang terdidik dan tenaga ahli untuk dapat mengolah sumber-sumber alam.
  • Manajemen yang baik untuk melancarkan dan mengatur segala sesuatu serta keinsafan dan kejujuran masyarakat dalam melaksanakan tugas.
  • Mengudah masyarakat agraris menjadi masyarakat.
Dengan berakhirnya kekuasaan orde baru, selanjutnya tidak dibuat repelita, namun dibuat rencana pembangunan tahunan (repelita).
Untuk memajukan industri nasional perlu adanya perlindungan dari pemerintah di samping itu perlu adanya kesadaran para pedagang dan pengusaha nasional, untuk tidak hanya terdorong mencari keuntungan saja. Dengan meningkatnya produksi, diharapkan kesempatan tiap warga negara mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak juga akan lebih banyak.
]]>

Baca Juga :   Lokasi industri dekat bahan baku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here