Pengertian Gelombang Laut dan 4 Faktor Penyebabnya

Gelombang laut adalah gerak naik turunnya air laut yang tidak disertai dengan perpindahan massa airnya. Gelombang laut dapat terjadi karena :

1. Angin

Gelombang ini terjadi akibat adanya gerakan air laut di permukaan sehingga arah gelombang sesuai dengan arah angin. Tinggi rendah gelombang tergantung kecepatan angin dan kekuatan angin yang mengenai permukaan air laut tersebut.

2. Gempa bumi

Gelombang ini terjadi bila ada getaran kulit bumi di dasar laut sehingga mengakibatkan dislokasi vertikal pada dasar laut. Bisa juga terjadi karena meletusnya gunung api baik yang berada di bawah permukaan laut atau gunung api yang berada di atas permukaan laut.

3. Perbedaan Suhu Air Laut

Air bergerak dari suhu panas ke suhu dingin, pergerakan air ini yang terjadi ke segala arah. Gerakan ini terjadi di bawah permukaan air laut yang menyebabkan adanya perpindahan masa yang mempengaruhi gerakan di permukaan air.

4. Perubahan kedalaman dasar laut.

Gelombang akan sangat terlihat dan terasa ketika kita berada di pantai, hal ini dikarenakan volume antara dasar laut dan permukaan air terjadi penyempitan, sehingga massa air yang telah memiliki gaya gerak akan terdorong ke atas permukaan dan menciptakan gelombang.
]]>

Baca Juga :   Klasifikasi Sungai Beserta Penjelasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here