Pengaruh Globalisasi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Globalisasi membawa pengaruh dari luar negeri masuk ke sendi-sendi tiap-tiap negara. Pengaruh luar itu mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat negara yang bersangkutan di berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, politik,  sosial budaya, maupun bidang pertahanan dan keamanan. Pengaruh dalam bidang ekonomi terlihat antara lain melalui perdagangan global dalam sektor barang dan jasa. Perdagangan sektor barang menyebabkan berbagai macam produk luar negeri merambah kehidupan negara yang bersangkutan. Sementara itu dalam sektor jasa luar negeri, seperti jasa penerbangan, penyiaran, dan turisme memasuki kebijakan yang diambil oleh tiap-tiap negara.

Dalam bidang politik pengaruh globalisasi tampak dalam kebijakan tiap-tiap negara yang harus mempertimbangkan kondisi internasional. Dengan pertimbangan tersebut, negara yang bersangkutan dapat memanfaatkan masyarakat internasional untuk kepentingan negaranya. Peristiwa politik yang terjadi pada suatu negara dengan cepat diberitakan secara global.
Di sisi lain, globalisasi sosial budaya melalui media massa cenderung menyajikan sebuah produk budaya yang menguntungkan negara-negara maju. Misalnya, belanja di mall yang menunjukkan gaya hidup konsumerisme, seperti peralatan elektronik, kosmetik, fashion, dan makanan. Masyarakat dituntut untuk mengikuti trend-trend terbaru dalam budaya global yang ditawarkan melalui media massa. Di samping persoalan gaya hidup, globalisasi juga membawa persoalan baru yang terkait dengan persoalan identitas budaya. Perubahan sosial akibat globalisasi terjadi susul menyusul, sehingga mengakibatkan ketidakpastian, ketidakterdugaan, dan ketidakpastian. Fenomena ini menyebabkan sebagian orang kehilangan identitas dirinya.
Dalam bidang pertahanan dan keamanan, globalisasi meniadakan batasbatas kewilayahan antarnegara. Melalui radio, televisi, telepon, dan internet segala macam informasi secara bebas dapat diperoleh semua orang di berbagai belahan dunia. Akibatnya pertahanan dan keamanan negara perlu dikelola dengan cara baru agar kerahasiaan negara tetap terjaga
Legawa, I Wayan , dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
]]>

Baca Juga :   Perbedaan dan Hubungan Perubahan Sosial dan Budaya serta Karakteristiknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here